Peluang Bisnis Mukena Menjelang Ramadhan, Tips Praktis Bagi Pemula

Peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan memang boleh dijajal, terlebih bagi kamu yang sedang memilah milah bisnis apa yang akan diseriusin menjelang Ramadhan.

Advertisement

Tak sedikit orang yang memanfaatkan moment bulan ramadhan sebagai moment untuk mencari tambahan rejeki. Karena memang peluang bisnis saat ramadhan seolah terbuka lebar berkali kali lipat.

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam semakin sibuk untuk mempersiapkannya.

Ada yang bersiap dengan kebutuhan makanannya atau bersiap untuk ibadahnya. Saat Ramadhan salah satu hal yang ditunggu dan yang selalu menjadi momen indah adalah saat kita bisa sholat tarawih bersama.

Pada Ramadhan tahun lalu kita tidak dibolehkan melakukan shalat tarawih di masjid-masjid karena pandemi dan dikhawatirkan menjadi kerumunan. Untuk tahun ini kita diperbolehkan shalat tarawih di masjid-masjid dengan protokol kesehatan yang ketat.

Nah untuk beribadah sendiri kita diharuskan untuk memakai pakaian yang bersih. Biasanya menjelang Ramadhan para wanita akan sibuk mempersiapkan mukena yang akan dipakai.

(Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Kuliner Saat Ramadhan)

Karena akan dipakai tiap malam tentu tak mau kan yang itu-itu saja. Hal inilah yang mendasari peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan terbuka lebar.

Kali ini kita akan membahas bagaimana peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan. Simak sampai akhir ya!

Peluang Bisnis Mukena Menjelang Ramadhan

Menjelang Ramadhan orang-orang akan ramai untuk membeli kebutuhan mereka. Baik untuk beribadah, kebutuhan sehari-hari sampai mulai berburu baju Lebaran.

Peluang bisnis yang paling terbuka lebar memang ditujukan untuk kaum wanita. Ini karena item wanita lebih banyak dari pria mulai dari mukena sampai jilbab.

Jadi peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan ini sangat besar apalagi kalau mukena murah dan enak dipakai. Pilihan mukena yang berbagai model dan warna mukena juga sangat banyak.

Jadi jika kita ingin merintis bisnis mukena apalagi secara online ini adalah kesempatan besar. 

Tips Memulai Usaha Mukena

Ada tips penting yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin menjajal peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan ini seperti:

  1. Mencari supplier mukena dengan produk mukena yang berkualitas tapi harganya terjangkau. Ada banyak pusat grosir mukena yang ada di kota-kota besar di Indonesia misalnya Pasar Tanah Abang, Pusat Tasik, Pasar Baru Solo dan lainnya. 
  2. Memulai dari sistem dropshipping. Sistem ini akan sangat membantu bagi pebisnis pemula karena kita tidak perlu menyetok barangnya.
  3. Cari supplier mukena yang memiliki respon cepat untuk para pembelinya. Tidak jarang calon pembeli kecewa karena harus menunggu lama. 
  4. Perhatikan model mukena yang sedang trend saat ini. ini akan sangat berpengaruh bagi peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan karena kalau kita mengikuti trend kita bisa meraup banyak pembeli. Di kalangan masyarakat ada banyak model mukena yang disukai tapi apa yang sedang trend adalah yang penting.
  5. Promosi sehat bisa melalui media sosial ataupun dari mulut ke mulut. Buatlah promosi bisnis mukenanya yang menarik dan tidak menjelekkan produk saingan. Fokuskan saja pada kelebihan mukena yang akan kita jual.
  6. Layanan seperti kecepatan pengiriman, informasi resi, layanan purna jual sampai konsultasi kepada calon-calon pembeli adalah hal kecil yang pengaruhnya sangat besar. Jika kita menyediakan layanan ini dengan baik maka bisnis kita makin lancar.
  7. Tips selanjutnya untuk peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan ini adalah mulai untuk membangun akun media sosial untuk kita jualan. Ada banyak media sosial yang bisa kita pakai untuk jualan seperti Instagram, Facebook, Twitter, Fanspage facebook atau lainnya. Dengan media sosial impactnya akan lebih terasa karena dalam media sosial kita bisa memilih mau ke segmen yang mana.
  8. Jangan lupa juga siapkan akun rekening bank yang mempunyai layanan mobile banking atau internet banking. Ini sangat diperlukan terutama untuk kontrol transaksi yang terjadi. kalau kita tahu lebih cepat pelanggan mana yang sudah membayar tentu kita juga akan lebih cepat mengirimkan barangnya kan?

Nah itu dia beberapa tips yang harus kamu perhatikan kalau kamu akan menjajal peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan.

Meski banyak orang yang mengatakan kalau bisnis mukena menjelang Ramadhan ini usaha musiman tapi tingginya permintaan pembeli bisa memberikan keuntungan yang besar loh. Inilah yang menarik banyak orang untuk menjajal peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan. 

Peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan ini ternyata kita tidak hanya bisa menjadi penjualnya saja. Jika kita bisa mendapatkan vendor tangan pertama yang kualitas produknya bagus dan harganya murah maka kita bisa membuka kesempatan untuk grosiran juga.

Selain itu produk mukena memiliki banyak warna dan model jadi ini akan menguntungkan penjual juga dalam menjaring konsumen yang pasti seleranya tidak semuanya sama. 

Agar peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan ini lebih optimal kita bisa memakai katalog atau beberapa contoh mukena dengan berbagai macam model untuk menjaring calon pembeli.

Dengan kita memiliki katalog maka calon pembeli bisa melihat banyaknya varian yang bisa dipilih. Bisa juga memberi diskon kalau untuk pembelian dalam jumlah besar.

Kita juga bisa membuka reseller yang ingin ikut memasarkan bisnis mukena kita. Dengan membuka reseller juga membantu para ibu rumah tangga yang ingin mencari tambahan penghasilan.

Kerjasama yang  saling menguntungkan pasti akan membuat mitra kita percaya dengan peluang bisnis mukena menjelang Ramadhan yang akan kita lakukan. Nah semoga informasi ini bisa menginspirasi untuk terjun ke dunia bisnis baru. Yuk manfaatkan momen Ramadhan ini!

(Baca Juga: Tips Memilih Hotel Untuk Liburan Hemat)

Karena Ramadhan sudah di depan mata, jika masih ada yang mengalami kendala bisnis karena kurangnya modal. Kita bisa manfaatkan pinjaman dana tunai di CekAja.com.

Pinjaman dana tunai ini prosesnya cepat dan mudah, dengan akses online di CekAja.com yang tak mengharuskanmu pergi atau keluar rumah.

Dan yang terbaik, CekAja.com adalah Financial Marketplaces dibawah naungan PT Puncak Finansial Utama dan tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital (GIKD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi dijamin sekali keamanannya.

Yuk, tunggu apalagi? Ajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com dan mulai bisnismu sekarang juga!

Advertisement