10 Tempat Ngabuburit di Bandung Murah Meriah, Apa Saja?

Bulan Ramadhan akan masuk dalam hitungan hari, itu artinya kamu perlu mempersiapkan semuanya, mulai dari kesiapan fisik hingga mencari tempat ngabuburit di Bandung yang murah-meriah. Bagi sebagian orang ini mungkin bukan hal sulit, mengingat Bandung memiliki banyak kawasan yang bisa dijadikan tempat ngabuburit.

Berbicara tentang tempat ngabuburit di Bandung, sebenarnya ada beberapa lokasi yang sering dijadikan tempat ngabuburit oleh masyarakat Bandung, salah satunya yang paling terkenal yaitu Alun-alun Kota Bandung.

Namun selain itu, masih ada banyak lagi tempat ngabuburit di Bandung yang perlu kamu ketahui, coba dan kunjungi.

Jika ingin tahu apa saja tempat ngabuburit di Bandung tersebut, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Tempat Ngabuburit di Bandung

Dari sekian banyak tempat ngabuburit di Bandung, kali ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya yang paling favorit dan banyak dikunjungi orang, baik itu masyarakat Kota Bandung, maupun wisatawan lokal dan internasional.

Lantas, apa saja 10 tempat ngabuburit di Bandung yang dimaksud tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

1. Alun-alun Kota Bandung

Tempat ngabuburit di Bandung yang pertama, yaitu Alun-alun Kota Bandung. Seperti yang diketahui, alun-alun adalah salah satu destinasi utama masyarakat Kota Bandung, maupun wisatawan untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa.

Pasalnya, alun-alun terletak di bagian depan kawasan Masjid Raya Bandung. Yang mana, di sekitarnya terdapat banyak pedagang kaki lima, yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk takjil buka puasa.

Selain itu, alun-alun juga memiliki semacam lahan yang cukup luas dengan hamparan rumput sintetis, yang membuatnya cocok dijadikan area bermain anak-anak, serta tempat beristirahat sambil menikmati suasana Kota Bandung yang ramai.

Alun-alun juga menjadi destinasi favorit, karena disekitarnya terdapat deretan pusat perbelanjaan, yang melayani berbagai kebutuhan masyarakat.

Apalagi, alun-alun juga menjadi kawasan yang strategis. Sehingga, jika ingin berkunjung ke alun-alun, kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot dan bus kota.

(Baca Juga: Tempat Ngabuburit di Jogja)

2. Braga

Selain Alun-alun Kota Bandung, ada juga Braga yang menjadi tempat ngabuburit di Bandung paling favorit, khususnya oleh anak muda.

Hal itu karena, Braga menjadi ikon jalan di Kota Bandung. Apalagi, di sekitar jalan Braga terdapat banyak cafe dan restoran, yang bisa dijadikan tempat untuk berbuka puasa.

Terlebih, setiap sudut jalan Braga “aesthetic”. Jadi, tidak heran apabila banyak pengunjung yang berfoto di sisi jalan Braga, dan menjadikan kawasan ini sebagai lokasi strategis untuk hunting foto.

3. Caringin Tilu

Berikutnya ada Caringin Tilu atau Cartil, yang masuk ke dalam daftar tempat ngabuburit di Bandung paling favorit versi CekAja.com.

Berlokasi di Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Caringin Tilu menjadi lokasi ngabuburit bernuansa alam.

Bagaimana tidak, di sini kamu bisa melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Biasanya, orang-orang berkunjung ke Caringin Tilu pada malam hari untuk melihat city light.

Tetapi, jika kamu berkunjung di sore hari pun tidak masalah. Karena, kamu bisa menikmati sejuknya udara Bandung, sembari melihat pemandangan hutan yang menyegarkan mata, dan menunggu waktu sunset tiba sebelum adzan magrib berkumandang.

4. Babakan Siliwangi

Siapa di antara kamu yang pernah berkunjung ke Babakan Siliwangi? Jika belum, ini adalah salah satu tempat ngabuburit di Bandung terbaik, yang wajib kamu kunjungi!

Hal itu karena, Babakan Siliwangi atau yang juga disebut dengan Baksil, merupakan hutan kota dengan forest walk yang membentang di sepanjang kawasannya.

Adanya forest walk itu, menjadi media atau alat yang membantu para pengunjung untuk menjelajahi seluruh area hutan kota, dan menikmati kesejukannya.

Belum lagi tersedianya tempat duduk di sekitar forest walk, bisa digunakan para pengunjung untuk duduk dan beristirahat sejenak dari perjalanan.

Ada satu hal menarik yang dimiliki tempat ngabuburit ini, yaitu tupai dan burung. Ya, jika kamu beruntung, maka kamu bisa melihat tupai dan burung pada saat berkeliling dan menjelajah hutan kota ini.

Benar-benar jadi satu pengalaman ngabuburit yang berkesan, bukan? Dan tentunya waktu ngabuburitmu menjadi tidak terasa, karena terbuai dengan keindahan dan kesejukan hutan kota yang diberikan.

5. Taman Ir H Juanda (TAHURA)

Di urutan kelima ada Taman Ir H Juanda (TAHURA), yang menjadi bagian dari daftar tempat ngabuburit di Bandung yang tak boleh dilewatkan.

Terutama untuk kamu yang ingin ngabuburit, namun jauh dari keramaian kota. Sebab, TAHURA adalah hutan kota yang masih sangat asri.

Kawasan konservasi yang membentang dari Dago Pakar hingga Maribaya, Lembang ini memiliki sejumlah kawasan wisata lagi di dalamnya yang bisa kamu kunjungi.

Beberapa kawasan wisata tersebut di antaranya, yaitu wisata sejarah seperti Gua Jepang, kemudian Curug Omas, hingga taman bermain anak dan museum.

6. Teras Cikapundung

Buat kamu yang ingin menikmati waktu ngabuburit dengan bersantai, sembari menikmati sejuknya udara Bandung di sore hari, sepertinya Teras Cikapundung adalah destinasi yang bisa dijadikan pilihan.

Pasalnya, Teras Cikapundung adalah sebuah taman terbuka, yang kerap dijadikan sebagai lokasi bersantai, olahraga, dan bersosialisasi warga Bandung.

Selain itu, Teras Cikapundung juga dekat dengan lokasi kuliner Bandung, seperti Dipati Ukur, Taman Sari, Cihampelas dan Dago.

Dengan begitu, kamu bisa langsung melipir ke beberapa daerah tersebut, untuk menikmati beragam sajian makanan dan minuman ketika waktu berbuka tiba.

7. Teras Cihampelas

Ada satu ruang publik di kawasan Cihampelas yang baru dibuka oleh pemerintah, yaitu Teras Cihampelas.

Berbeda dari Teras Cikapundung, Teras Cihampelas merupakan jembatan pedestrian di atas udara, atau skywalk.

Berada diketinggian 4,6 meter dari permukaan jalan, dengan panjang 450 meter dan lebar 9 meter, Teras Cihampelas menjadi ruang terbuka untuk publik, dengan sederet pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis makanan, minuman, pakaian hingga buah tangan asal Kota Bandung.

8. Jalan Asia Afrika

Tempat ngabuburit selanjutnya di Kota Bandung, yaitu Jalan Asia Afrika. Ini sebenarnya bukan kawasan khusus, melainkan hanya sebuah jalan yang terletak di pusat kota, dan menjadi ikon Kota Bandung.

Yang membuat jalan Asia Afrika menjadi menarik, yaitu suasananya yang khas Eropa, membuat para pengunjung bisa puas berfoto dengan suasana bergaya art deco di sini.

Dan ketika waktu berbuka, pengunjung pun bisa melipir ke sisi Jalan Asia Afrika, karena di sana terdapat banyak penjual makanan yang beraneka ragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

9. Kiara Artha Park

Nyatanya, Bandung memiliki satu kawasan baru yang cocok dijadikan tempat ngabuburit, yaitu Kiara Artha Park.

Buat kamu yang belum tahu, Kiara Artha Park adalah taman seluas 2,6 hektar yang terletak di Jl. Jakarta, Bandung.

Belakangan ini, Kiara Artha Park ramai dikunjungi warga Bandung, karena memiliki dancing fountain atau air terjun menari, yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung di taman ini.

Selain itu, Kiara Artha Park juga memiliki Kampung Korea. Di mana, tempat ini menjadi salah satu spot favorit untuk dikunjungi, karena kamu bisa menikmati nuansa kota Korea, tanpa harus jauh-jauh pergi ke Korea.

Namun selain menikmati suasana Korea, kamu pun bisa mencicipi berbagai jenis street food asal Korea, seperti corndog, bibimbap, tteokbokki, jajangmyeon dan lain sebagainya.

Buat kamu penggemar K-Pop, Kampung Korea juga menyediakan berbagai jenis pernak-pernik dan merchandise Korea, yang bisa kamu beli untuk menambah koleksi di rumah.

10. Bandung Creative Hub

Tempat ngabuburit di Bandung yang terakhir, yaitu Bandung Creative Hub. Sebagai salah satu tempat nongkrong anak muda Bandung, BCH menyediakan banyak fasilitas yang mendukung masyarakat agar tetap produktif dan kreatif.

Adapun fasilitas yang tersedia dan bisa kamu nikmati, yaitu ruang belajar bersama, bioskop, studio render dan animasi, studio musik, design store, innovation room, design museum, galeri seni, studio fotografi, Co-Working Space, hingga kedai kopi bernama Kozi Cafe.

Dengan semua fasilitas tersebut, ngabuburit kamu dijamin lebih seru dan produktif. Sebab, kamu bisa sembari mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, hingga menciptakan ide-ide baru yang akan dilakukan kedepannya. Bagaimana, sangat seru bukan?

(Baca Juga: Makanan Khas Bandung Paling Populer)

Itulah 10 tempat ngabuburit di Bandung, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Bagi masyarakat Bandung, semua tempat itu tentu bisa dikunjungi dengan mudah. Namun bagi masyarakat di luar Bandung, mungkin harus menempuh beberapa jam perjalanan dahulu, untuk bisa sampai ke beberapa destinasi ngabuburit tersebut.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, untuk bisa pergi ke luar kota dan menggunakan transportasi umum, kamu harus melakukan Swab Antigen maupun Swab PCR terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa kamu sehat dan tidak terinfeksi virus Covid-19.

Maka dari itu, jika berencana untuk pergi ke luar kota, khususnya Kota Bandung, sebaiknya perhatikan dahulu kondisi kesehatanmu.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, melalui CekAja.com!