10 Tempat Ngabuburit di Dieng yang Eksotis nan Indah, Wajib Dikunjungi!

Buat kamu yang tinggal di sekitar Dieng, maupun sedang berwisata ke Dieng dalam jangka waktu lama, sepertinya kamu wajib mengunjungi sejumlah tempat ngabuburit di Dieng terbaik selama Ramadhan. Pasalnya, tempat ngabuburit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Advertisement

Tidak hanya itu, beberapa tempat ngabuburit yang umumnya terletak di dataran tinggi ini, ternyata juga mengandung nilai sejarah.

Sehingga, berkunjung ke sejumlah tempat ngabuburit di Dieng rekomendasi CekAja.com tidak hanya membuatmu senang, namun juga menambah wawasan sejarahmu mengenai suatu tempat.

Jika kamu ingin tahu apa saja tempat ngabuburit di Dieng yang wajib dikunjungi, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah daftarnya, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Tempat Ngabuburit di Dieng

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan rekomendasi beberapa tempat ngabuburit di Dieng terbaik, yang wajib dikunjungi.

Dari sekian banyak tempat yang ada, 10 di antaranya merupakan tempat ngabuburit di Dieng paling populer, yang memberikan panorama alam menakjubkan.

Lantas, apa saja 10 tempat ngabuburit tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Kawah Sikidang

Tempat ngabuburit di Dieng yang pertama, yaitu Kawah Sikidang. Terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif.

Kawah ini diberi nama Sikidang, karena memiliki lava panas yang seringkali terlihat meloncat tinggi ke udara, dari dalam dasar kawah layaknya kijang.

Nah, kijang sendiri dalam bahasa Jawa disebut kidang. Sehingga, kawah ini diberi nama Kawah Sikidang, seperti filosofi tersebut.

Kawah ini memiliki area yang didominasi oleh hamparan tanah tandus, serta beberapa lubang kawah yang terbuka.

Hal itu sungguh terlihat kontras dengan pemandangan di sekelilingnya, yang justru rapat dan penuh dengan pepohonan hijau.

Meski begitu, kontrasnya pemandangan yang dimiliki tersebut menjadi daya tarik para pengunjung untuk berfoto, mengambil banyak momen di tempat yang sangat eksotis nan fotogenik ini.

(Baca Juga: Tempat Ngabuburit di Bandung)

2. Telaga Warna

Selain berkunjung ke Kawah Sikidang, kamu juga perlu mengunjungi Telaga Warna. Pasalnya, tempat satu ini memiliki warna air telaga yang mampu berubah-ubah.

Hal itu tentunya bukan karena ‘magic’ dan lain sebagainya, namun karena kandungan belerang yang terdapat di dalam telaga ini.

Keindahan yang disajikan Telaga Warna, tentu bukan hanya dari warna airnya yang berubah-ubah, namun juga dari pemandangan sekeliling kawah yang dipenuhi pepohonan rimbun.

Dengan begitu, berkunjung ke Telaga Warna menjadi salah satu pilihan terbaik untuk ngabuburit, sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri.

3. Telaga Merdada

Telaga lainnya yang juga tak boleh kamu lewatkan, yaitu Telaga Merdada. Buat kamu yang belum tahu, ini adalah telaga terluas di Dieng karena memiliki luas hingga 21 hektar. Saking luasnya, telaga ini terbentang di antara bukit Pangonan dan Sumurup.

Di sekitar telaga, terdapat ladang pertanian dengan bentuk undakan terasering, yang menyesuaikan dengan permukaan tanah yang miring.

Hadirnya ladang pertanian tersebut menjadi pemanis telaga ini, yang membuat banyak warga maupun wisatawan, baik asing atau lokal datang ke Telaga Merdada.

4. Telaga Pengilon

Nyatanya, selain Telaga Warna dan Telaga Merdada, ada juga Telaga Pengilon yang sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana tidak, Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih, seperti sebening kaca. Karena hal itulah, telaga ini diberikan Pengilon yang dalam bahasa Jawa artinya ‘tempat berkaca’.

Telaga ini memiliki satu mitos menarik, yang membuat banyak masyarakat penasaran dan ingin membuktikannya sendiri di telaga ini.

Mitos tersebut berupa, apabila kamu berkaca di air Telaga Pengilon dan bayangan yang muncul dalam air menunjukkan wajah yang enak dipandang, itu artinya kamu mempunyai hati yang bersih.

Semetara jika kamu berkaca di air telaga ini, dan bayangan yang muncul adalah wajah yang tidak enak dipandang, maka hati yang kamu miliki belum sepenuhnya bersih.

5. Savana Pangonan

Di urutan kelima ada Savana Pangonan, yang menjadi bagian dari tempat ngabuburit di Dieng terbaik.

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan ladang savana yang sangat luas. Tempat ini membentuk semacam cekungan bekas danau yang mengering, lalu ditumbuhi ilalang hingga menjadi padang savana hijau yang menyegarkan.

Biasanya, Savana Pangonan dijadikan tempat camping oleh anak-anak muda, para komunitas pecinta alam, maupun mereka yang mendaki Bukit Pangonan dan ingin menghabiskan malam di alam terbuka.

Jika kamu tertarik dengan tempat yang satu ini, Savana Pangonan terletak di dalam wilayah Bukit Pangonan. Sehingga untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu perlu mendaki Bukit Pangonan terlebih dahulu.

6. Batu Ratapan Angin

Selanjutnya, yaitu Batu Ratapan Angin. Tempat ngabuburit di Dieng rekomendasi CekAja.com satu ini, merupakan tempat kumpulan dua buah batu yang saling menumpuk di atas bukit dekat Dieng Plateau.

Tingginya letak batu ini, terkadang menimbulkan suara desis ketika terkena hembusan angin kencang. Desis yang dikeluarkan pun menyerupai suara orang yang sedang meratapi kesedihan.

Oleh karena itulah, tempat ini diberi nama Batu Ratapan Angin. Meskipun, terkadang warga setempat menyebutnya dengan nama Batu Pandang, karena tempat ini juga memungkinkan kamu melihat pemandang Dieng yang sangat indah dari ketinggian.

7. Petak 9 Dieng

Siapa di antara kamu yang sudah mengetahui Petak 9 Dieng? Jika belum, yuk berkenalan terlebih dahulu!

Petak 9 Dieng merupakan salah satu tempat ngabuburit di Dieng terbaik, yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Hal itu karena, tempat ini memiliki pemandangan alam yang mampu memanjakanmu dengan panorama yang sangat indah, apalagi dilihat dari ketinggian bukit.

Perlu diketahui, tempat ini di masyarakat setempat dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng. Namun, Petak 9 Dieng adalah nama pemetaan yang diberikan untuk Bukit Sikunir.

8. Lubang Sewu

Menjadi satu tempat ngabuburit di Dieng rekomendasi CekAja.com, Lubang Sewu memberikanmu sensasi berkunjung ke Grand Canyon versi Wonosobo.

Hal itu karena, Lubang Sewu merupakan sebuah tempat yang terbentuk dari formasi bebatuan putih dengan tekstur berlubang.

Ketika musim hujan tiba, semua bebatuan tersebut akan terendam oleh air Bendungan Wadaslintang. Dan pada saat air itu surut, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan eksotis dari Lubang Sewu.

Bisa terbayang bukan, betapa indah pemandangan alam yang disajikan Lubang Sewu? Sangat cocok jika dinikmati di waktu-waktu menunggu berbuka puasa.

9. Dieng Plateau Theater

Menempati posisi kesembilan sebagai tempat ngabuburit di Dieng terbaik, Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan megah yang dimanfaatkan sebagai destinasi wisata edukasi.

Hal tersebut dikarenakan, di tempat ini kamu bisa menyaksikan pemutaran film dokumenter tentang Dieng Plateau.

Selain itu, kamu pun bisa menyusuri eksotisme alam di sekitar tempat ini dan menikmati kesejukan udaranya.

10. Kompleks Candi Arjuna

Tempat ngabuburit di Dieng yang terakhir, yaitu Kompleks Candi Arjuna. Berbicara mengenai tempat ini, sepertinya sudah banyak wisatawan yang tahu bahkan berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan.

Karena di sini, kamu bisa melihat langsung keindahan peninggalan Kerajaan Mataram, yang dulunya dibangun untuk menyembah Dewa Siwa.

Di dalam kompleks Candi Arjuna sendiri, terdapat lima buah candi yang bisa kamu kelilingi, di tengah hamparan rumput taman yang asri.

(Baca Juga: Tempat Ngabuburit di Jogja)

Itulah sejumlah tempat ngabuburit di Dieng, yang sudah kamu ketahui secara lengkap ulasannya di pembahasan sebelumnya.

Dari semua tempat yang sudah diinformasikan tersebut, kamu mungkin tertarik untuk mengunjungi beberapa di antaranya.

Namun, mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum usai, agar bisa bepergian jarak jauh kamu perlu melakukan Swab Antigen atau Swab PCR, untuk memastikan bahwa kondisi tubuhmu fit dan tidak terinfeksi virus Covid-19.

Selain itu, akan lebih baik jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka asuransi kesehatan akan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, yuk segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Advertisement