Tips Memulai Bisnis Kosmetik beserta Peluangnya yang Menjanjikan

Tips memulai bisnis kosmetik sudah seharusnya diketahui, oleh kamu yang ingin menjalankan bisnis kosmetik dalam waktu dekat. Sebab, tips ini akan membantumu mempersiapkan kebutuhan bisnis dengan baik, agar nantinya berjalan lancar sesuai rencana.

Sebagai pemula, kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam mempersiapkan beberapa hal terkait bisnis yang akan dijalankan.

Khusus untuk bisnis kosmetik, kamu harus melakukan riset terkait kosmetik apa yang saat ini sedang digemari wanita, baik itu secara langsung maupun online menggunakan Google Trends.

Nah di samping, kamu pun tak boleh lupa untuk mempersiapkan sejumlah hal penunjang kelancaran bisnis. Mungkin terkesan ribet dan sulit dilakukan, tapi ini bukan kendala selama kamu mengetahui tips memulai bisnis kosmetik.

Lantas, apa saja tips yang dimaksud tersebut? Daripada penasaran, pada artikel kali ini, CekAja akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Peluang Bisnis Kosmetik

Hal pertama yang wajib kamu ketahui sebelum tips memulai bisnis kosmetik, yaitu peluang bisnisnya, apakah menjanjikan dan menguntungkan atau tidak.

Berbicara soal kosmetik, bisa dibilang ini adalah kebutuhan primer wanita. Pasalnya, ketika wanita kehabisan kosmetiknya, mereka akan membelinya kembali dengan merk yang sama, atau mungkin menggantinya dengan yang lebih bagus.

Itu artinya, keberadaan kosmetik di sini sangat dibutuhkan. Mengingat, sebagian besar wanita sehari-harinya menggunakan kosmetik untuk beraktivitas.

(Baca Juga: Contoh UMKM di Indonesia)

Jika dilihat dari data Kementerian Perindustrian pada 2018, pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia meningkat sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Kemudian di 2019, angka pertumbuhan industri kosmetik pun meningkat lagi menjadi 29 persen. Dari kenaikan yang terjadi setiap tahunnya, maka bisa disimpulkan kalau angka pertumbuhan industri kosmetik cenderung selalu meningkat.

Dan hal itu, tidak menutup kemungkinan juga terjadi di 2021. Di mana, angka industri kosmetik semakin meningkat, seiring dengan keberadaannya yang kini menjadi kebutuhan primer wanita.

Dengan begitu, apakah bisa ditarik kesimpulan kalau bisnis kosmetik menjanjikan? Ya, bisa dibilang seperti itu, melihat dari permintaan berbagai jenis kosmetik yang selalu tinggi.

Rintangan dalam Bisnis Kosmetik

Walaupun persiapan yang kamu miliki untuk memulai bisnis kosmetik sudah matang, namun yang namanya rintangan akan tetap ada.

Dalam bisnis kosmetik sendiri, rintangan yang sering terjadi umumnya tidak jauh berbeda dengan rintangan bisnis lainnya, yaitu:

  • Kompetisi yang cukup ketat antara industri sejenis
  • Permintaan konsumen terhadap produk berteknologi tinggi
  • Persaingan harga
  • Perubahan tren pasar kosmetik
  • Pemalsuan produk kosmetik
  • Proses membangun kepercayaan konsumen.

Beberapa poin tersebut merupakan rintangan dalam bisnis kosmetik yang harus diketahui, bahkan diantisipasi sejak awal.

Dengan mengetahui rintangan-rintangan tersebut, diharapkan nantinya kamu tidak lagi kaget, ketika dalam menjalankan bisnis bertemu dengan beberapa rintangan itu, karena sudah mengetahui jalan keluarnya.

Tips Memulai Bisnis Kosmetik

Setelah mengetahui peluang bisnis kosmetik dan rintangannya yang mungkin dihadapi, kini saatnya kamu mengetahui sejumlah tips memulai bisnis kosmetik yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Menentukan konsep bisnis

Tips memulai bisnis kosmetik yang pertama, yaitu menentukan konsep. Ya, bisnis yang akan kamu jalankan sebisa mungkin memiliki konsep yang jelas, apakah ingin berbentuk agen, franchise, membangun perusahaan inti, atau hanya sekadar stand kosmetik biasa.

Dalam penentuan konsep ini, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan budget yang ada. Jika memang kamu ingin membangun perusahaan inti, sudah pasti dibutuhkan budget yang besar.

Kalau dana yang kamu miliki ternyata belum mencukupi, maka mau tidak mau kamu harus mencari pinjaman dana untuk menambah modal yang kurang, atau menundanya hingga semua modal yang dibutuhkan terkumpul.

2. Menentukan target pasar

Berikutnya ada menentukan target pasar. Tips memulai bisnis kosmetik ini, mengharuskan kamu untuk memilih target pasar yang sekiranya sesuai dengan fokus bisnismu.

Pasar dari kosmetik sendiri bisa dibilang sangat luas. Karena, wanita mulai dari usia remaja, yakni 15 tahun sampai lansia pun masih ada yang rutin menggunakan kosmetik.

Maka dari itu, penentuan target pasar di sini sangat penting. Hal itu juga akan membantumu dalam pemilihan produk yang akan dijual.

Sebab, produk yang akan dijual nantinya menyesuaikan dengan usia, jenis kulit, serta merk kosmetik yang sedang tren maupun favorit konsumen yang menjadi sasaran.

3. Mencari tahu tren kosmetik saat ini

Selain dua hal di atas, mencari tahu tren kosmetik saat ini juga menjadi tips memulai bisnis kosmetik yang perlu kamu lakukan.

Karena dengan mencari tahu tren saat ini, kamu bisa menemukan inspirasi produk yang banyak dicari oleh masyarakat.

Tetapi dalam mencari tren ini, kamu disarankan untuk menggunakan Google Trend. Karena, tools tersebut akan membantumu mendapatkan informasi dalam bentuk data pasti, jadi bukan sekedar opini yang sedang ramai dibicarakan.

4. Menentukan cara dan sistem penjualan

Menentukan cara dan sistem penjualan, nyatanya juga menjadi tips memulai bisnis kosmetik yang tak boleh dilewatkan.

Sejak awal merencanakan bisnis kosmetik, kamu sudah harus tahu ingin menjalankan bisnis ini dengan cara dan sistem yang bagaimana, apakah ingin secara online atau offline.

Jika offline, maka kamu harus menyediakan tempat untuk berjualan yang strategis. Sementara jika online, kamu hanya perlu meletakkan produk jualanmu di media sosial, ecommerce, maupun situs resmi milik usahamu.

5. Menentukan lokasi bisnis yang strategis

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, kalau penentuan lokasi bisnis yang strategis merupakan hal yang perlu dipersiapkan, apabila kamu menjalankan bisnis secara offline.

Pemilihan lokasi yang strategis di sini, maksudnya yaitu dekat dengan ruang-ruang publik yang ramai dikunjungi target konsumen, seperti di mall, salon kecantikan, butik dan lain sebagainya.

Atau buat pemula, kamu bisa memulainya dengan menitipkan produk jualanmu ke toko kosmetik yang sudah terkenal.

Selain itu, kamu untuk menambah kesadaran konsumen terhadap bisnismu, kamu juga bisa membuka booth di beberapa acara seperti pameran dan lain sebagainya.

6. Melakukan promosi secara efektif

Di urutan keenam ada melakukan promosi secara efektif. Tips memulai bisnis kosmetik yang satu ini bisa dibilang wajib dilakukan, karena promosi dapat meningkatkan brand awareness konsumen terhadap bisnismu.

Apabila “merk” bisnismu sudah tertanam di pikiran konsumen, kemudian kualitas dari setiap produk yang kamu tawarkan bagus, maka konsumen akan setia membeli produk kosmetik di kamu, dan itu pun secara otomatis meningkatkan angka penjualan.

Bentuk promosi yang bisa kamu lakukan pun sangat beragam, mulai dari promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth (WOM), rutin update produk di media sosial, hingga bekerja sama dengan influencer ternama.

7. Persiapkan modal bisnis

Tips memulai bisnis kosmetik yang terakhir, yaitu mempersiapkan modal. Seperti yang diketahui, modal untuk memulai bisnis kosmetik cukup besar.

Hal itu tidak lain karena, produk-produk kosmetik sendiri sangat bervariasi, ada yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau, sedang, hingga sangat mahal.

Belum lagi, beberapa kebutuhan penunjang lainnya yang harus disiapkan seperti operasional. Sehingga, sangat wajar apabila dana yang harus kamu kumpulkan untuk modal bisnis sangat besar.

(Baca Juga: Toko Kosmetik Online Terbaik)

Apabila dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi seluruh modal yang dibutuhkan, maka kamu perlu waktu lebih untuk mengumpulkan dananya, atau mengajukan pinjaman dana.

Di era yang sudah serba digital ini, pengajuan pinjaman dana pun semakin mudah, karena bisa secara online melalui situs perbandingan, seperti CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan nominal sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat praktis, cepat, dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana sekarang juga, dan raih kesuksesan bisnis kosmetik yang cemerlang!