Warna Mobil yang Punya Harga Jual Tinggi Selain Warna Netral, Apa Saja?

Nyatanya, warna mobil yang punya harga jual tinggi tidak hanya warna-warna netral, loh. Tetapi beberapa warna lain seperti merah, biru dan hijau juga kerap kali dibanderol dengan harga fantastis.

Padahal, warna merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya harga jual suatu kendaraan.

Apalagi, ada mitos yang mengatakan kalau mobil dengan warna cerah nan mentereng, cenderung memiliki harga jual yang sangat rendah karena sepi peminat.

Namun faktanya, mitos tersebut tidak berlaku pada semua mobil. Sebab, ada beberapa jenis mobil yang justru sengaja hadir dengan warna-warna unik, karena memiliki permintaan yang sangat tinggi.

Pengaruh Warna terhadap Harga Jual Mobil

Sebelum membahas lebih jauh tentang warna mobil yang punya harga jual tinggi, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu pengaruh warna terhadap harga jual mobil itu sendiri.

Pasalnya, hal tersebut kerap kali menjadi perdebatan para calon pembeli mobil bekas. “Apakah benar, warna-warna unik seperti merah atau kuning merupakan warna yang membuat harga jual mobil jadi turun? Lantas, kok masih banyak mobil-mobil dengan warna tersebut berkeliaran di jalan?”

Eits, jangan salah paham. Warna memang jadi salah satu faktor penentu harga jual mobil, namun bukan berarti setiap warna unik di luar warna netral, sudah pasti membuat harga jual mobil menjadi turun.

Perlu dipahami, semua hal tersebut balik lagi tergantung dengan merk dan jenis mobil. Karena untuk mobil jenis city car, warna-warna unik seperti merah atau kuning justru mendongkrak harga jual mobil.

Hal tersebut dikarenakan, dua warna itu masih banyak dicari oleh para calon pembeli mobil. Lain halnya dengan mobil jenis SUV, MPV dan sedan, yang cenderung lebih banyak dicari untuk warna-warna netral, seperti hitam, silver dan putih.

Sehingga apabila mobil warna cerah jenis tersebut dijual, kemungkinan harga jualnya turun drastis pun sangat besar dibandingkan mobil yang berwarna netral.

Dengan demikian, pengaruh warna terhadap harga jual mobil bisa dikatakan benar. Tetapi semuanya tergantung pada merk dan jenis mobil itu sendiri.

(Baca Juga: 11 Merk Cat Mobil Terbaik)

Warna Mobil yang Punya Harga Jual Tinggi

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui pengaruh warna terhadap harga jual mobil, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui warna mobil yang punya harga jual tinggi.

Umumnya, orang akan berpikir kalau mobil dengan warna netral memiliki harga jual yang tinggi. Namun ternyata, hal itu tidak berlaku pada semua warna mobil.

Sebab, ada beberapa warna mobil, seperti merah, kuning dan hijau, yang justru memiliki harga jual tinggi.

Biasanya, hal itu berlaku untuk mobil jenis city car seperti Honda Jazz, Mazda2 dan lain sebagainya.

Selain dua warna tersebut, masih ada warna mobil yang punya harga jual tinggi lainnya yang perlu kamu ketahui. Penasaran apa saja? Yuk, simak bersama-sama ulasan berikut ini!

1. Warna netral

Warna mobil yang punya harga jual tinggi pertama, yaitu warna netral. Ini rasanya sudah menjadi rahasia umum, apabila warna-warna netral memiliki harga jual yang lebih tinggi, dibandingkan warna-warna cerah atau unik lainnya.

Warna-warna yang disebut warna netral itu sendiri, yaitu hitam, putih dan silver/abu-abu. Karena tahu memiliki harga jual yang tinggi, maka warna-warna netral itu pun menjadi warna yang paling diminati para calon pembeli, khususnya untuk mobil sedan, SUV dan MPV.

Selain harga jualnya yang tinggi, warna-warna netral ini pun dipilih karena memberikan kesan elegan dan gagah terhadap mobil.

Jika berbicara tentang harga jual, mobil jenis sedan, SUV dan MPV berwarna netral cenderung lebih tinggi, dibandingkan mobil berwarna cerah.

Perbedaannya harga jualnya pun bisa mencapai Rp5 juta – Rp8 juta, dengan mobil warna lainnya yang unik dan cerah.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil sedan, SUV dan MPV, pastikan dahulu bahwa kamu memiliki warna mobil netral, yang nantinya akan memiliki harga jual tinggi sesuai dengan harga di pasaran.

2. Warna cerah

Meski disebut sebagai warna yang membuat harga jual mobil ‘terjun bebas’, namun nyatanya bagi beberapa jenis mobil, ini menjadi warna mobil yang punya harga jual tinggi.

Misalnya mobil jenis city car, seperti Honda Jazz, Brio, dan Mazda2. Kamu mungkin sering melihat mobil ini di jalan tampil dengan warna yang unik dan cerah.

Sebagai pengguna mobil berwarna netral, kamu mungkin akan berpikir kalau harga jual mobil tersebut akan jatuh nantinya.

Namun ternyata hal itu tidak berlaku pada mobil jenis city car. Sebab, warna-warna tersebut akan mendongkrak harga jual mobil, karena banyak disukai oleh para pemburu city car.

Hal itu disebabkan oleh warna-warna cerah yang diaplikasikan pada mobil city car dapat memberikan kesan stylish, sehingga sangat cocok untuk dikendarai anak muda yang memiliki segudang aktivitas padat.

Tingginya harga jual warna mobil cerah ini pun, tidak hanya karena banyak disukai para pemburu city car, tetapi juga disebabkan oleh stok yang disediakan sangat terbatas.

Dengan begitu, bisa dikatakan kalau warna-warna cerah ini merupakan warna spesial yang hanya diproduksi dalam jumlah tertentu.

Jika ingin memiliki warna mobil seperti ini pun, para pembeli mobil biasanya harus inden atau memesannya terlebih dahulu.

3. Warna khas merk dan model mobil

Warna mobil yang punya harga jual tinggi terakhir adalah warna yang menjadi khas merk dan model suatu mobil.

Seperti contoh, warna khas yang dihadirkan mobil Mazda adalah soul red, Honda adalah championship white, BMW adalah estoril blue, dan Ferrari adalah rosso corsa.

Jika kamu membeli mobil dengan warna khas tersebut, maka bisa dipastikan harga jual mobil mu tidak rendah, meskipun warna ciri khas mobil tersebut adalah warna-warna cerah dan unik.

Tidak hanya itu, mobil tersebut pun akan banyak dicari dan cepat laku, karena warna tersebut menunjukkan identitas yang kuat dari merk mobil tersebut.

Jadi jika kamu ingin membeli mobil warna cerah, yang menjadi ciri khas dari merk dan model mobil tersebut, jangan khawatir.

Sebab apapun warnanya, kalau memang itu adalah warna khas dari mobil tersebut, kapanpun akan dijual nantinya tetap memiliki harga jual yang tinggi.

Kondisi Mobil Juga Menjadi Faktor Penentu Harga Jual

Warna mungkin jadi salah satu faktor penentu harga jual mobil. Namun selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang juga menjadi penentu tinggi rendahnya harga jual mobil, seperti misalnya kondisi mobil itu sendiri.

Setiap penjual mobil, sudah seharusnya memeriksa kondisi mobilnya terlebih dahulu sebelum menjualnya, baik itu dari sisi mesin, interior, bodi, dan lain sebagainya.

Sebab, mobil dengan kondisi baik biasanya akan memiliki harga jual yang lebih tinggi, dibandingkan mobil yang kondisinya kurang terawat.

Hal tersebut dikarenakan, mobil yang kurang terawat cenderung memiliki risiko tinggi, dan bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar nantinya.

Maka dari itu, sebelum menjual mobil pastikan kamu memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu dan merawatnya, agar nantinya harga jual mobilmu semakin tinggi.

(Baca Juga: Cara Hilangkan Goresan di Bodi Mobil)

Selain itu untuk para calon pembeli, kamu pun selain memilih warna mobil yang tepat, kamu juga harus memeriksa semua kondisi mobil.

Pastikan semuanya baik-baik saja, dan mobil yang akan kamu beli pun tidak pernah mengalami kerusakan fatal, kecelakaan ataupun terendam banjir.

Sebab, mobil yang sudah mengalami semua hal tersebut biasanya kondisinya sudah tidak terlalu baik, mulai dari sisi mesin, interior maupun bodi mobil itu sendiri.

Oleh karena itu, pastikan semua kondisi mobil yang akan dibeli baik-baik saja sebelum membelinya.

Selain itu, kamu juga harus langsung melindungi mobil dengan asuransi kendaraan, sesaat setelah membeli mobil bekas.

Karena, asuransi kendaraan berguna untuk melindungi mobil mu dari segala risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Sehingga nantinya ketika terjadi sesuatu pada mobil, kamu tidak perlu lagi khawatir mengeluarkan biaya besar, karena sudah ditanggung oleh asuransi kendaraan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi kendaraan mu dengan asuransi kendaran, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan melalui CekAja.com!