5 Bank Terbesar di Indonesia, BRI Masih Merajai Dunia Perbankan

Pertimbangan sebagai bank terbesar di Indonesia, membuat BRI banyak diminati nasabah untuk menabung, bahkan melakukan pengajuan kredit. Namun selain bank BRI, ada beberapa bank yang juga dinobatkan sebagai bank besar di Indonesia berdasarkan asetnya.

Advertisement

Di masa pandemi kinerja perbankan menjadi sangat berat. Dengan hantaman pandemi di sektor ekonomi mau tidak mau membuat perbankan ikut merasakan dampaknya.

Masyarakat yang semakin terhimpit ekonominya juga semakin menjauh dari kegiatan pinjam meminjam. Meski kinerjanya sangat berat, beberapa bank besar masih bisa meningkatkan asetnya.

Nah kali ini bahkan ada salah satu bank terbesar di Indonesia yang mencatatkan asetnya tembus sampai Rp 1.000 triliun. Sampai kuartal ke-III tahun lalu daftar 5 besar bank terbesar di Indonesia masih belum banyak yang berubah.

Yang masih menjadi primadona tentu saja BRI yang memang dari dulu sudah terkenal dan terpercaya sehingga memiliki nasabah yang sangat banyak di penjuru tanah air.

(Baca Juga: Bank BUMN Siap Turunkan Bunga Kredit)

Tapi jangan salah karena ada bank-bank besar lain yang juga memiliki nasabah tak kalah banyak. Nah sekarang yuk kita simak daftar 5 bank terbesar di Indonesia jika dilihat dari asetnya.

Bank apa saja itu? simak terus sampai akhir!

5 Bank Terbesar Di Indonesia

Nasabah yang jumlahnya sangat banyak juga menjadi indikasi untuk masuk jajaran bank terbesar di Indonesia. Bank-bank besar di Indonesia ini sudah sangat lama menjadi kepercayaan masyarakat.

Daftar 5 bank terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. BRI

BRI menjadi bank terbesar di Indonesia nomor satu dengan jumlah aset yang fantastis. Bank spesialis kredit mikro ini memiliki nilai aset yang tercatat sebesar Rp 1.447,85 triliun.

Dari tahun sebelumnya nilai aset ini telah naik 10,89% dari Rp 1.305,67 triliun. BRI mendapatkan laba bersih Rp 14,15 triliun pada periode yang sama atau turun 42,94% dari periode sama tahun lalu.

Untuk sisi liabilitasnya naik sebesar 18 % setiap tahun. Bank yang sudah berdiri sejak 1895 ini  sahamnya sebagian besar dimiliki oleh Pemerintah sebesar 56,75% dan 43,25% dimiliki publik.

BRI memiliki banyak jenis simpanan seperti Tabungan Britama, BRI Simpedes, Britama Rencana, BRI Junior dan Haji serta lainnya.

2. Bank Mandiri

Bank yang masuk ke jajaran bank terbesar di Indonesia adalah Bank Mandiri di urutan kedua. Bank Mandiri didirikan di tahun 1998 dan merupakan bagian program restrukturisasi dunia perbankan Indonesia kala itu.

Di tahun 1999 ada 4 bank milik pemerintah yang digabung untuk membentuk Bank mandiri ini yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dan Bank Exim.

Di kuartal III  ini Bank Mandiri mencatatkan aset sebesar Rp 1.405,85 triliun dan aset ini naik sebesar 10,28% setiap tahun. Kenaikan ini didukung karena adanya kenaikan dari Dana Pihak Ketiga sebesar 21,2%.

Sedangkan untuk laba bersih sebesar Rp 14,03 triliun. Bank terbesar di Indonesia di urutan kedua ini menargetkan laba bersih sampai 16 triliun di akhir tahun.

3. BCA

Bank swasta ini menjadi satu-satunya yang masuk jajaran bank terbesar di Indonesia dengan di urutan ketiga. Di kuartal III BCA mencatatkan asset tembus sampai Rp 1000 triliun.

Nilai ini meningkat sebesar 12,3% secara tahunan. Bank terbesar di Indonesia urutan ketiga ini memang banyak sekali dipilih oleh masyarakat karena bisa mendapatkan banyak keuntungan.

ATMnya juga sudah tersebar banyak sekali di hampir semua wilayah Indonesia. Produk unggulannya adalah kartu kredit dan kartu debit BCA.

4. BNI

Selanjutnya  ada BNI sebagai bank terbesar di Indonesia di ururtan ke-4. Bank ini memiliki aset senilai Rp 916,95 triliun yang ternyata naik sebesar 12,47% secara tahunan.

Aset yang meningkat ini dikarenakan DPK yang juga bertambah sebesar 21,4% setiap tahun. Di periode yang sama, BNI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,32 triliun atau turun drastis 63,9% dari tahun lalu di periode yang sama.

Bank komersial paling tua di Indonesia ini sampai sekarang memiliki 5 kantor di luar negeri dan 914 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

5. BTN

Selanjutnya ada BTN sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia jika dilihat dari asetnya. Bank yang memiliki fokus penyaluran kredit perumahan ini mencatatkan aset senilai Rp 356,97 triliun dan ini naik sebesar 12,9% setiap tahun.

Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, BTN juga menjadi satu-satunya bank yang mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 39,72% atau dari Rp 801 miliar menjadi Rp 1,12 triliun.

Kenaikan laba bersih ini didukung karena efisiensi dan penurunan beban bunga.bank BTN ini sendiri telah menyalurkan kredit perumahan sebesar Rp 231,34 triliun per kuartal III tahun 2020.

Maka tidak heran bank BTN masuk jajaran bank terbesar di Indonesia kan?

(Baca Juga: Promo Bunga KPR dari Bank BCA)

Nah itulah daftar 5 bank terbesar di Indonesia jika dilihat dari asetnya. Dengan tahu 5 bank terbesar di Indonesia semoga bisa menjadi pertimbangan saat akan menabung atau mengambil pinjaman.

Karena selain karena asetnya, bank-bank itu menjadi bank terbesar juga karena pelayanannya yang bagus serta memiliki fasilitas dan berbagai macam produk yang bisa dipilih oleh nasabah dengan mudah. Jadi mau pilih menabung di bank mana nih?

Kalau masih galau memilih bank untuk menabung, kamu bisa membuka tabungan melalui CekAja.com. Karena membuka tabungan melalui CekAja.com lebih cepat dan mudah.

Tak hanya itu saja, ada beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menabung di bank yang tepat. Mulai dari proses membuka tabungan yang cepat dan mudah, bahkan bisa dilakukan secara online.

Hingga keuntungan mendapatkan hadiah melalui undian rutin. Dan jangan lupa, pilih bank yang memberikan bunga tabungan tinggi pada nasabahnya.

Yuk, tunggu apalagi? Buka tabungan pilihanmu melalui CekAja.com.

Advertisement