8 Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan Melanda

Rumah yang bocor memang meresahkan saat musim hujan tiba. Beragam cara mengatasi atap rumah bocor pun dilakukan, agar kondisi rumah tetap nyaman saat musim hujan melanda.

Musim hujan telah tiba dan beberapa hari ini ada daerah yang mengalami hujan ekstrem. Bahkan beberapa diantaranya menyebabkan banjir.

Memang yang paling dikhawatirkan saat musim hujan tiba, biasanya adalah masalah atap rumah yang bocor.

Karena rumah adalah tempat yang paling aman untuk berlindung dari panas terik dan hujan, maka akan sangat mengganggu kenyamanan kalau ada atap yang bocor.

Memang kadang kala kita menyepelekan masalah atap yang bocor meski hanya sedikit. Tapi jika atap yang bocor tak juga diperbaiki maka ini akan membuat keadaan semakin parah.

Atap rumah yang terus-terusan terkena air akan menjadi lembab dan mudah keropos. Maka hati-hati kalau atap rumah kita sudah bocor ya, sebaiknya segera melakukan perbaikan saat tak hujan, ketimbang terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Terlebih untuk perumahan, saat ini banyak developer yang hanya mementingkan penampilan, desain, dan juga waktu pengerjaan yang cepat, namun kualitas rumah tidak begitu baik. Maka rumah akan sangat riskan dengan kebocoran, bahkan kerusakan lainnya.

Ada banyak cara mengatasi atap rumah bocor tapi akan lebih baik kalau kita juga melakukan pencegahannya. Kira-kira apa saja cara mengatasi atap rumah bocor? Simak terus disini ya!

(Baca Juga: Asuransi untuk Tempat Tinggal Paling Aman)

Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Atap rumah yang bocor, berada pada titik-titik seperti saluran, atau pipa air rumah yang sudah rusak atau bocor.

Kalau kondisi sedang hujan deras, titik-titik ini akan semakin terendam oleh air hujan yang tertampung di atap.

Ini bisa menyebabkan kebocoran atap yang meluas loh. Nah berikut ini cara mengatasi atap rumah bocor yang efektif.

1. Memakai Water Proofing

Salah satu cara mengatasi atap rumah bocor adalah dengan memakai water proofing. Ini dipakai untuk membuat permukaan pada atap menjadi kedap air.

Khusus untuk atap rumah terbuat dari dak beton. Setelah dak beton dicor dan sudah mengalami penggenangan air selama 7 hari baru bisa memakai water proofing ini. 

Water proofing membuat pori-pori pada bangunan atapnya mengecil dan tahan air. Water proofing ini mungkin yang paling simple, bentuknya sendiri seperti cat yang anti air, dan banyak dijual di toko bahan bangunan.

2. Mengatur Posisi Genteng

Cara mengatasi atap rumah bocor selanjutnya adalah dengan mengatur posisi genteng. Kadangkala atap rumah bocor bukan karena ada lubang atau sejenisnya.

Namun bisa juga karena posisi genteng yang melorot pada atap rumah bisa sekali menjadi penyebab atap rumah bocor. Agar genteng tidak melorot maka kita bisa pasang paku reng di bawahnya.

Ini yang akan mengganjal genteng melorot. Untuk genteng keramik pastikan kalau kemiringannya 30-40 derajat. Sedangkan untuk asbesnya paling tidak 15 derajat.

Jika ada genteng yang rusak juga harus segera diganti. Membersihkan genteng dari kotoran seperti lumut atau pasir juga bisa membuat genteng menjadi lebih awet.

3. Memasang Plastik di Bawah Atap

Cara mengatasi atap rumah bocor yang lain adalah dengan memasang plastik di bagian bawah atap.

Proses pemasangan plastik ini dilakukan,] setelah kayu pondasi dipasang baru, setelah itu plastik dipasang sebelum memasang atap.

Dengan memasang plastik akan bisa membuat atap terlindungi dari sampah-sampah atau celah sempit dari sela-sela atap. Pemakaian cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di desa.

4. Membersihkan Talang Air

Membersihkan talang air menjadi salah satu cara mengatasi atap rumah bocor. Talang air yang penuh dengan kotoran dan sampah bisa menjadi penyebab atap bocor juga.

Sampah dan kotoran yang menumpuk, malah bisa menghambat aliran air hujan yang seharusnya mengalir ke bawah.

Kegiatan membersihkan sampah di bagian atap dan talang air harus dibiasakan, paling tidak sebulan dua kali. 

Ini juga sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan rumah dari hewan dan serangga. Karena tak jarang ada hewan hewan bersarang di atap rumah.

5. Membuat Ventilasi Udara yang Baik

Salah satu cara mengatasi atap rumah bocor selanjutnya adalah dengan membuat ventilasi udara yang baik. Ventilasi udara yang buruk akan membuat atap menjadi lembab.

Agar atap tidak mudah keropos sebaiknya kita membuat ventilasi rumah yang baik. Agar ruangan dalam kerangka tetap kering kita bisa membuat lubang atau jendela pada bagian sisi bawah genteng.

Selain menjaga agar atap rumah tak bocor, ini juga menjaga agar udara yang dihirup oleh penghuni rumah tetap sehat dan bersih.

6. Mengecek Area Berdempul

Atap yang sudah pernah diperbaiki memiliki banyak area yang berdempul. Dempulan ini memang tahan air. Tapi ini juga bisa terkikis oleh air.

Jadi selalu periksa area yang mungkin sempat bocor di musim hujan lalu. Karena kikisan air bisa menyebabkan timbulnya pori-pori yang bisa membuat air hujan merembes masuk.

Baiknya area berdempul itu sering diganti dengan yang baru agar kondisinya tetap baik. Setidaknya setiap akan tiba musim hujan kita bisa menggantinya.

7. Jangan Memiliki Pohon Tinggi dan Rindang

Pohon yang tinggi dan rindang bisa menjadi penyebab atap rumah menjadi bocor. Karena ranting kering bisa saja jatuh dan membuat atap bocor, misal karena genteng pecah, atau asbes berlubang akibat kejatuhan.

Cara mengatasi atap rumah bocor adalah bisa dengan memotong daun-daun yang rindang agar lebih rapi. Dengan memotong pohon yang tinggi selain menjaga agar daun-daun dan ranting yang rontok tidak menutupi atap rumah itu juga agar rumah terlihat lebih rapi dan indah. 

8. Memakai Aksesori Atap

Cara mengatasi atap rumah bocor yang terbaik adalah dengan memakai aksesori atap. Ada banyak aksesori atap yang bisa dipakai antara lain memasang genteng double yang nantinya akan menghalau air agar tidak jatuh ke plafon.

Kita juga bisa memasang penutup sisi nok yang berfungsi menahan air ke genteng yang tiap sisinya dicat dengan cat anti bocor.

Itulah dia beberapa cara mengatasi atap rumah bocor yang efektif. Dengan melakukan langkah-langkah di atas bisa membuat atap rumah tahan air dan tidak cepat bocor.

(Baca Juga: KTA Terbaik Berbunga Rendah Ini Cocok Untukmu)

Pencegahan juga perlu dilakukan sebelum musim hujan tiba. Memperbaiki atap rumah yang bocor juga perlu ketelitian.

Jadi, kita bisa menetapkan anggaran untuk keperluan renovasi dan perbaikan rumah dalam keuangan keluarga.

Karena kebutuhan akan perbaikan dan perawatan rumah ini memang penting dilakukan, minimal satu tahun sekali atau enam bulan sekali.

Tapi, ternyata tak semua orang memiliki pos dana seperti itu di keuangan keluarga. Jadi alternatifnya adalah mengajukan pinjaman untuk perbaikan rumah.

Beberapa instansi perbankan memang menyediakan fasilitas KTA yang tujuannya salah satunya adalah untuk kepentingan perbaikan rumah.

Jadi manfaatkanlah KTA jenis ini, agar prosesper baikan rumah berjalan dengan lancar.

Adapun KTA untuk perbaikan rumah inibisa diajukan ke beberapa penyedia pinjaman. Kita bisa menemukannya di CekAja.com.

Melalui CekAja.com, kita akan lebih mudah mendapatkan KTA yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan dengan proses yang mudah dan cepat.

Jadi, segera ajukan KTA melalui CekAja.com untuk memastikan kondisi rumahmu aman dari kebocoran.