8 Hadiah Lebaran Untuk Karyawan yang Berkesan dan Tak Terlupakan

Hadiah lebaran untuk karyawan adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh pemilik usaha sejak jauh jauh hari. Karena sudah menjadi hal wajib yang biasa dinanti karyawan menjelang hari raya.

Memasuki bulan puasa Ramadhan adalah waktu yang pas untuk orang berbuat baik sebanyak-banyaknya. Bagi para karyawan yang bisa tetap bekerja pada bulan Ramadhan adalah sebuah keberkahan.

Karena pada saat mendekati lebaran ada tradisi yang umum di Indonesia yaitu banyak perusahaan memberikan hadiah lebaran untuk karyawannya. Seiring dengan zaman yang berkembang, hadiah lebaran dari perusahaan tidak lagi hanya bersifat promosi tapi sudah sifatnya personal.

Bagi para pengusaha pasti sudah terpikirkan nih akan memberikan hadiah lebaran untuk karyawan. Ada banyak makna dibalik hadiah lebaran untuk karyawan, salah satunya yaitu sebagai wujud apresiasi perusahaan terhadap karyawan serta membangun hubungan baik antara karyawan dan perusahaan.

Nah kali ini  kita akan berikan 8 inspirasi hadiah lebaran untuk karyawan yang bisa dipilih oleh para pengusaha. Tak hanya hadiah yang itu-itu saja, hadiah yang kreatif juga sangat menyenangkan untuk diberikan.

Simak terus sampai akhir tulisan ini ya!

(Baca Juga: Jenis Kompensasi untuk Karyawan yang Bisa Diberikan Perusahaan)

Hadiah Lebaran Untuk Karyawan

Pemberian hadiah untuk karyawan yang paling utama adalah ketulusannya. Sebaiknya juga barang yang diberikan mempunyai nilai fungsional yang bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Dengan perusahaan memberikan hadiah lebaran untuk karyawan, maka karyawan juga merasa dihargai dan diakui atas semua yang telah dilakukan untuk perusahaan. Berikut adalah 8 hadiah lebaran untuk karyawan yang mungkin bisa dipilih.

1. Amplop

Hadiah lebaran untuk karyawan mungkin identik dengan THR ya! THR atau Tunjangan Hari Raya ini menjadi hadiah yang sangat ditunggu-tunggu.

Kebiasaan masyarakat Indonesia saat lebaran yaitu memberikan salam tempel kepada kerabat bisa menginspirasi perusahaan untuk memberikan hal yang serupa.

Pemberian hadiah lebaran untuk karyawan berupa amplop berisi uang THR juga diatur dalam UU Ketenagakerjaan. 

2. Makanan kaleng khas Lebaran

Hadiah lebaran untuk karyawan bisa diberikan dalam bentuk makanan. Biasanya perusahaan memberikan makanan cemilan kalengan yang identik dengan momen lebaran seperti wafer, biskuit, coklat roll, egg roll, atau cookies akan sangat berguna di momen lebaran.

Ini bisa dikemas cantik disertai ucapan selamat hari raya Idul Fitri dari perusahaan kita. Agar terlihat eksklusif tuliskan nama karyawan masing-masing saat mengirimnya.

Makanan cemilan kaleng ini juga bisa disajikan saat ada tamu di rumah.

3. Mug

Salah satu hadiah lebaran untuk karyawan yang banyak dicari adalah mug. Mug ini bisa dipakai untuk waktu yang lumayan lama loh.

Apalagi kalau mug memiliki logo perusahaan tempatnya bekerja. Ini bisa jadi ajang promosi gratis dan pamer bahwa dia bekerja di perusahaan itu. 

4. Kue kering

Hadiah lebaran untuk karyawan selanjutnya adalah kue kering. Para karyawan pasti akan senang diberi hadiah kue kering dari perusahaannya.

Saat lebaran aneka kue kering pasti menghiasi meja-meja di rumah. Sudah pasti dengan memberikan hadiah kue kering bisa menambah aneka kue kering yang disajikan saat lebaran.

Ada banyak kue kering yang bisa dipilih seperti kue putri salju, kue kastengels, kue nastar, kue semprit, kue corn flake dan masih banyak lainnya.

5. Tumbler

Selanjutnya ada tumbler yang bisa dipilih sebagai hadiah lebaran untuk karyawan. Tumbler sendiri penggunaannya sudah sangat banyak dipakai hampir semua orang.

Konon jika memakai tumbler kita bisa mengurangi pemakaian plastik di bumi loh! Tumbler bisa diberikan sebagai hadiah dan berikan kesan eksklusif dengan menambah nama karyawan di desain tumbler yang akan diberikan untuk hadiah lebaran. 

6. Sembako

Inspirasi hadiah lebaran untuk karyawan selanjutnya adalah sembako. Pilihan sembako menjadi hadiah bisa sangat menyenangkan bagi karyawan apalagi para ibu.

Di saat harga sembako yang naik akibat momen lebaran, memberikan sembako untuk hadiah adalah solusi yang pas. Apalagi biasanya kebutuhan saat lebaran malah makin bertambah karena ada sanak saudara yang mudik. 

7. Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah bisa menjadi salah satu inspirasi hadiah lebaran untuk karyawan. Perlengkapan ibadah yang diberikan akan sangat bermakna bagi penerima.

Selain karena saat shalat Idul Fitri harus memakai alat ibadah yang bersih dan rapi, juga mengingatkan kita untuk terus beribadah selepas hari raya.

Ada banyak perlengkapan ibadah yang bisa diberikan antara lain peci, sarung, mukena, sajadah, baju koko dan lainnya.

8. Voucher belanja

Salah satu hadiah lebaran untuk karyawan yang kreatif adalah voucher belanja. Selain memberikan THR sebagai hadiah, voucher belanja juga bisa menjadi hadiah saat lebaran.

Voucher belanja ini bisa dipakai di merchant yang sudah ditunjuk oleh perusahaan. Uniknya karyawan bebas memilih barang apa yang diinginkan.

Hadiah lebaran untuk karyawan yang satu ini mungkin belum banyak diberikan oleh perusahaan, padahal ini bisa menjadi penambah kebahagian menjelang lebaran. Karena umumnya keluarga di Indonesia selalu sibuk berbelanja untuk persiapan Idul Fitri.

Nah itu dia 8 hadiah lebaran untuk karyawan yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi perusahaan. Intinya pemberian hadiah untuk karyawan adalah cara perusahaan untuk menghargai dan mengapresiasi kinerja karyawan tersebut selama bekerja di perusahaan. Jadi selamat berburu hadiah buat Lebaran ya!

(Baca Juga: Inspirasi Bisnis di Bulan Ramadhan, Jualan Mukena Salah Satunya)

Setelah mendapatkan banyak keuntungan dari perusahaan, dan menuntaskan kewajiban untuk memberikan hadiah kepada para karyawan. Satu hal yang tak boleh kita lupakan adalah menabung.

Menyimpan sebagian keuntungan usaha dalam sebuah tabungan itu adalah hal wajib, karena dengan begitu kita juga bisa memastikan bahwa keuangan perusahaan akan berada pada keadaan stabil.

Jadi, jangan lupa membuka tabungan melalui CekAja.com, dengan proses yang cepat dan aman, uang yang kamu miliki bisa lebih aman, karena CekAja.com diawasi oleh OJK dan juga BI.

Tak perlu ragu lagi! Yuk buka tabungan melalui CekAja.com dan dapatkan keuntungannya.