9 Jenis Burung Lovebird Paling Eksotis dan Paling Cantik

Pecinta burung pasti tak akan melewatkan untuk mengoleksi jenis burung Lovebird paling eksotis dan cantik, yang saat ini sedang banyak digemari.

Menjadi salah satu lambang kesetiaan dan cinta sejati, burung Lovebird memang dikenal setia pada satu pasangan. Dan mayoritas yang memilikinya pun mereka memelihara secara berpasangan.

Namun tak langsung bisa memasangkan, karena ternyata untuk menemukan dan menjodohkan sepasang Lovebird tak semudah yang dikira.

Karena kalau tidak ada ketertarikan juga tidak bisa dipaksakan, seperti halnya cinta manusia yang membutuhkan chemistry.

Dan menariknya, burung yang menjadi lambang cinta abadi ini memang akan bersama selamanya jika sudah berjodoh.

Bahkan jika salah satunya mati, maka burung pasangannya yang masih hidup akan menunjukkan sikap tak menentu alias galau.

Lovebird sering disebut sebagai burung beo berukuran kecil dan warnanya yang cerah, sifatnya yang ramah.

Reputasinya sebagai sahabat yang baik membuat Lovebird menjadi salah satu burung kecil paling populer di dunia untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Jika kita ingin memelihara Lovebird sendiri sebagai hewan peliharaan, mungkin akan bertanya-tanya ada berapa jenis Lovebird sebenarnya?

Dari segi ciri fisik, mereka memiliki tubuh yang pendek, kekar, ekor pendek tumpul, dan paruh yang tajam.

Warnanya sering kali menjadi indikator kunci dari ras mereka dan oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahasnya secara lebih rinci.

Ternyata ada 9 jenis burung lovebird paling eksotis dan paling cantik loh saat ini. Dan mana Lovebird favoritmu?

(Baca Juga: Hewan Berusia Terpanjang dan Terpendek di Dunia)

Karakteristik lain yang dimiliki semua Lovebird adalah kaki Zygodactyl mereka. Di sinilah dua jari mengarah ke depan dan dua jari mengarah ke belakang yang memungkinkan burung-burung kecil ini menjaga keseimbangan dan berpegangan pada benda-benda kecil saat bertengger.

Jadi kita akan berikan informasi 9 jenis burung Lovebird paling eksotis yang pernah ada. Simak terus sampai akhir.

Jenis Burung Lovebird Paling Eksotis

Kali ini kita akan membahas 9 jenis burung Lovebird paling eksotis dan paling cantik. Sebagian dari jenis ini adalah yang paling umum dipelihara tapi ada juga yang amat jarang dipelihara.

Jadi 9 jenis burung Lovebird paling eksotis dan paling cantik diantaranya adalah:

1. Lovebird berwajah salem (Agapornis Roseicollis)

Lovebird berwajah salem adalah salah satu jenis burung Lovebird yang paling eksotis. Burung-burung ini mudah dijinakkan, itulah sebabnya mereka merupakan pilihan populer untuk hewan peliharaan.

Jenis Lovebird yang paling umum mudah dibedakan dari bulunya yang berwarna hijau tua dan wajah serta lehernya yang berwarna persik/salem.

2. Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

Lovebird Fischer adalah hewan peliharaan lain yang sangat populer karena sifatnya yang suka bermain dan bersosialisasi, selain itu juga sangat energik tetapi juga jauh lebih tenang daripada kebanyakan jenis burung beo atau Lovebird lainnya.

Burung Lovebirds Fischer dapat dibedakan dari bulunya yang berwarna hijau tua, leher kuning yang secara bertahap menjadi oranye tua / merah di wajah mereka dengan hijau zaitun tua di atas kepalanya.

Warnanya membuat burung ini masuk dalam jenis burung Lovebird paling eksotis.

3. Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

Lovebird ini lebih dikenal sebagai Lovebird topeng. Burung-burung ini memiliki bulu berwarna hijau, juga memiliki wajah hitam yang sangat khas itulah sebabnya mereka juga disebut sebagai Lovebird bertopeng.

Mereka membutuhkan banyak kontak manusia atau pasangan seumur hidup untuk persahabatan.

Ini adalah spesies burung Lovebird terakhir yang biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan dan masuk jenis burung Lovebird paling eksotis.

4. Lovebird Lilian (Agapornis Lilianae)

Lovebird Lilian, juga dikenal sebagai Lovebird Nyasa adalah salah satu spesies Lovebird yang paling langka dan paling sedikit dipelihara.

Tidak hanya karena mereka cukup sulit untuk berkembang biak, tetapi mereka juga termasuk dalam daftar Lovebird yang hampir terancam punah dan memiliki total populasi yang sangat kecil.

Lovebird Lilian memiliki ciri bulu berwarna hijau muda dengan leher, kepala, dan wajah berwarna oranye cerah yang membuatnya menjadi salah satu jenis burung Lovebird paling eksotis.

5. Lovebird Berkepala Abu-abu (Agapornis Cana)

Lovebird berkepala abu-abu juga biasa dikenal sebagai Madagascar Lovebird dan merupakan satu-satunya spesies Lovebird yang berasal dari luar Afrika.

Untuk yang jantan dapat dicirikan oleh bulu berwarna hijau dengan punggung dan sayap berwarna hijau gelap, serta kepala dan leher berwarna abu-abu muda atau putih.

Sedangkan yang betina seluruhnya berwarna hijau tanpa catatan varian warna tertentu.

6. Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

Lovebird pipi hitam adalah spesies Lovebird yang paling terancam punah karena wilayah populasinya yang kecil dan sangat bergantung pada wilayah perairan permukaan yang luas.

Burung yang masuk jenis burung Lovebird paling eksotis dan cantik ini memiliki bulu berwarna hijau agak gelap dan pipi yang berwarna hitam.

7. Lovebird Kepala Merah (Agapornis Pullaria)

Lovebird berkepala merah terkenal sulit berkembang biak di penangkaran karena sifatnya yang penuh tekanan dan ketergantungan yang kuat pada kondisi asli. Lovebird jantan dapat dibedakan dari bulu hijau dengan wajah merah, kepala, dan paruh.

Sedangkan yang betina memiliki kesamaan dalam hal bulu, namun pipi, wajah, dan paruhnya berwarna oranye lebih terang daripada merah pada jantan.

8. Lovebird Cobalt

Jenis burung Lovebird paling eksotis selanjutnya adalah Lovebird Cobalt. Bulu burung ini didominasi warna biru telur asin dan hanya dari kepala sampai leher berwarna abu-abu.

Warnanya yang lain dari Lovebird pada umumnya membuatnya terlihat spesial.

9. Lovebird Albino

Lovebird Albino masuk dalam jenis burung Lovebird paling eksotis selanjutnya. Burung ini sudah jelas memiliki warna bulu putih bersih.

Terlihat unik sehingga banyak masyarakat yang menyukainya. Sama halnya dengan manusia, bulunya yang albino menandakan kalau burung ini mengalami kelainan pigmentasi.

(Baca Juga: Daftar Hewan yang Hampir Punah)

Nah itu dia 9 jenis burung Lovebird paling eksotis dan paling cantik yang pernah ada. Dan kemungkinan masih banyak jenis burung Lovebird lainnya di luar sana.

Bagi penggemar burung, sudah pasti nilai eksotis menjadi salah satu yang sangat penting saat memilih memelihara. Bahkan mereka tak jarang rela mengeluarkan kocek berlebih demi hobi nya.

Namun tak sedikit juga yang memanfaatkan hobi sembari melakukan bisnis. Jadi tak hanya memuaskan hati dan kesenangan saja, tapi jika ada yang menawar dengan harga mahal pun akan dilepas.

Tentu saja barang koleksi ini memiliki harga yang beragam, ada yang mahal, dan ada yang mahal sekali.

Tergantung, jika ada yang berminat dan rela membayar mahal, maka akan dihargai mahal juga.

Nah, jika sudah beralih ke ranah bisnis, dan perlu tambahan modal untuk membeli koleksi burung langka yang mahal.

Maka, kita bisa memanfaatkan pinjaman KTA CekAja.com yang prosesnya cukup mudah dan aman.

Kita tinggal meluncur ke laman online CekAja.com dan mulai deh ajukan KTA dengan cepat. Tak perlu takut ribet atau ilegal, karena CekAja.com sudah diawasi secara resmi oleh OJK.

Yuk, ajukan KTA CekAja dan nikmati kemudahan untuk mendapatkan tambahan modal bagi bisnismu.