10 Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya, Jangan Asal Pakai Ya!

Jangan ngaku suka masak, kalau kamu belum mengetahui jenis pisau dapur dan fungsinya berikut ini! Jika kamu masih menggunakan satu jenis pisau untuk semua, mending intip informasi berikut ini, biar kamu bisa sedikit lebih profesional ketika memasak.

Jika kamu perhatikan, saat ini ada banyak penjual pisau dapur, yang menawarkan banyak jenis dalam satu paket.

Hal tersebut dilakukan, agar pengguna bisa menggunakan pisau sesuai jenis dan kegunaannya.

Tidak hanya itu, mereka menjual per paket agar pengguna tidak repot untuk membeli satu per satu jenis pisau. Sehingga, jika kamu sedang butuh, pisau sudah siap sedia.

Tapi, kebanyakan orang yang membeli pisau satu paket, yang digunakan hanya satu jenis saja untuk semua kegiatan.

Sehingga, jenis pisau lainnya tidak terpakai, dan menjadi tumpul. Nah, biar hal tersebut tidak terjadi pada pisau dapur kamu, yuk intip nama-nama jenis pisau dapur dan fungsinya.

Tips dan Trik Memilih Pisau Dapur

Namun sebelum membahas terkait jenis pisau dapur dan fungsinya, yuk intip dulu tips dan trik memilih pisau dapur.

  • Membeli Satu Set Pisau Dapur

Tips dan trik membeli pisau dapur yang pertama adalah disarankan untuk membeli langsung satu set pisau dapur.

Terlebih, untuk kamu para pemula dan tidak mau repot, maka disarankan untuk membeli satu set pisau dapur.

Karena, hal tersebut akan memudahkan kamu dalam memilih jenis pisau. Dalam satu set, biasanya kamu akan mendapatkan beberapa buah dan jenis pisau dapur lengkap, yang paling umum sering digunakan, beserta wadahnya.

  • Ketahui Bahan Pembuat Pisau Dapur

Tips dan trik membeli pisau dapur selanjutnya adalah dengan mengetahui bahan pembuat pisau dapur.

Ingat ya, bahwa material pisau ternyata berbeda-beda, meski terlihat sama. Dengan material yang berbeda-beda, maka akan berpengaruh pada karakteristik, ketajaman dan cara merawatnya.

Lantas, material apa yang direkomendasikan? Kamu di sini bisa pilih jenis pisau dapur dengan bahan baja seperti carbon dan stainless steel.

(Baca Juga: 5 Tips Merawat Pisau Agar Tetap Tajam dan Anti Karat)

Alasannya, material tersebut tajam, tidak mudah tumpul, dan material ini juga anti karat.

  • Mencobanya Sebelum Membeli

Meski kita tahu bahwa pisau itu pasti dijual tajam, namun kamu juga harus mengikuti tips dan trik ini, yakni mencobanya sebelum membeli.

Karena, dengan mencobanya, kamu tidak hanya melihat seberapa ketajam pisau tersebut, tetapi juga dilihat dari beberapa elemen seperti berat, ukuran dari jenis pisau dapur.

Pastikan sesuaikan dengan genggaman tanganmu, tidak terlalu berat dan tidak juga terlalu ringan. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan budget kamu ya.

Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Nah, sudah tahu kan bagaimana tips dan trik membeli pisau dapur? Sekarang, yuk ketahui jenis pisau dapur beserta fungsinya, biar kamu gak bingung ketika menggunakannya untuk masak.

1. Chef’s Knife

Jenis pisau dapur dan fungsinya yang pertama adalah chef’s knife, yang biasa disebut sebagai pisau serbaguna, karena dapat digunakan untuk memotong apa saja.

Ukurannya tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Biasanya, pisau ini digunakan untuk memotong dan mengupas makanan.

Fungsi lainnya, pisau ini ternyata juga bisa memotong daging dan tulangnya. Namun, karena memang tidak dikhususkan, kamu akan sedikit kesulitan, karena harus memerlukan tenaga.

2. Slicing Knife

Selanjutnya ada slicing knife, yang menjadi jenis pisau dapur yang memiliki bentuk panjang dan runcing.

Fungsi dari jenis pisau ini adalah untuk mengiris daging atau ikan, yang bisa dilakukan sangat tipis, karena memiliki mata pisau yang lebih tajam.

Jadi, jika kamu memang ingin menguliti ikan dan daging, kuncinya memang harus menggunakan pisau tajam yang fleksibel, seperti jenis pisau ini.

Tidak hanya daging-dagingan, pisau ini juga bisa digunakan untuk mengiris tipis sayur dan buah.

3. Cleaver Knife

Jenis pisau dapur dan fungsinya yang juga tidak kalah penting untuk ada di dapur kamu, adalah cleaver knife.

Nah, buat kamu yang ingin memotong sesuatu sekaligus mencincangnya, bisa pakai jenis pisau ini.

Bahkan, jenis ini juga sering digunakan para chef terkenal di Tiongkok, untuk mencincang makanan, sayur, hingga memotong tulang daging, karena bentuknya persegi dan lebar.

Selain itu, pisau ini juga cukup berat serta memiliki gagang yang lebih kokoh, jika dibandingkan dengan gagang di jenis pisau lain.

Jika kamu pernah melihat, kamu mungkin sering menjumpai jenis pisau ini di tukang daging.

4. Utility Knife

Dari ukuran dan bentuk, mungkin kamu akan menganggap jenis pisau dapur ini sama, dengan chef’s knife.

Ya, memang bentuknya mirip, namun pisau dapur ini lebih kecil daripada Chef’s knife. Fungsi pisau ini di dunia memasak, adalah untuk memotong segala sesuatu yang potongan tidak terlalu sulit, bahkan bisa juga sampai ke tingkat yang sulit.

5. Paring Knife

Jenis pisau dapur dan fungsinya berikut ini adalah paring knife. Pisau dapur ini memiliki ukuran sekitar antara 5-10 cm saja dan lebih kecil daripada jenis pisau dapur lainnya.

Sehingga, jenis pisau ini sangat mudah diketahui jenisnya. Lantas apa fungsi paring knife?

Adapun pisau ini bisa digunakan untuk mengupas buah, memotong sayuran dan memisahkan kulit udang.

Selain itu, pisau ini juga sering juga digunakan, untuk menghias makanan.

6. Bread Knife

Dari namanya saja sudah bisa diketahui, bahwa jenis pisau dapur ini memiliki fungsi untuk memotong atau mengiris roti dengan sempurna.

Pasalnya, jika menggunakan pisau lain, justru bisa membuat roti hancur. Dari segi bentuk dan ukuran, bread knife ini bentuknya lebih panjang dan bergerigi.

Selain itu, jenis pisau ini juga memiliki dua jenis gagang, yang disebut klasik dan offset.

7. Boning Knife

Jenis pisau dapur yang tak kalah menjadi andalan para chef adalah boning knife. Memiliki ciri khas, pisau berbentuk melengkung serta mengecil di bagian ujungnya.

Biasanya, jenis pisau dapur ini, digunakan untuk memisahkan daging dari tulangnya. Mengapa bentuknya melengkung?

Hal tersebut dikarenakan, agar pisau ini bisa mempermudah para chef untuk mengontrol pemotongan, pada jenis daging apapun.

8. Fluting Knife

Jenis pisau dapur selanjutnya adalah fluting knife, dimana pisau ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan paring knife.

Ukuran dari pisau fluting knife ini kurang lebih 5-10 cm. Adapun fungsinya untuk membuat hiasan pada piring, agar makanan dan plating, indah dan menarik.

Selain itu, jenis pisau dapur ini juga sangat membantu para chef di manapun, untuk bekerja lebih cepat.

Terlebih, para chef hotel dan restoran, memang harus dituntut kerja cepat dan maksimal.

Pisau fluting knife sendiri, memiliki ketajaman yang tinggi, dan berlekuk. Sehingga, tempat penyimpanan pisau ini, disarankan harus sangat diperhatikan.

9. Carving Knife

Karena fungsinya hampir sama dengan pisau yang lain, carving knife memiliki bentuk yang tipis dan runcing.

Bagaimana jika dibandingkan dengan Chef’s knife? Adakah perbedaan? Bisa dilihat bahwa carving knife sangat tipis, dan jenis pisau ini terdapat di meja makan, bersebelahan dengan garpu.

Jika kamu pernah makan daging di restoran atau hotel, dan menemukan ada garpu dan pisau, bisa jadi pisau tersebut adalah pisau carving knife.

10. Mincing Knife

Jenis pisau dapur yang terakhir adalah mincing knife. Jika dilihat dari bentuknya, pisau ini memang sekilas cukup mengerikan

Namun, dengan bentuknya yang unik, tentu memiliki alasan. Ternyata, jenis pisau dapur ini memiliki fungsi untuk menghaluskan bahan makanan dengan cara dipotong-potong.

Bentuknya yang melengkung, akan memudahkan pengguna untuk mencincang makanan.

Cara menggunakannya sendiri, kamu cukup pegan kedua gagang pisaunya, lalu menggerakannya ke kiri dan kanan sampai bahan makanan menjadi halus.

(Baca Juga: 5 Pisau Chef Tajam yang Wajib Kamu Punya di Dapur)

Namun, meski memiliki fungsi yang sering dijumpai, jenis pisau ini sepertinya masih jarang digunakan untuk dapur rumahan.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jenis pisau dapur dan fungsinya, yang ternyata cukup beragam yah!

Setelah mengetahui informasi ini, kamu jadi lebih paham tentang jenis, nama, dan penggunaan pisau.

Bahkan, ketika kamu ingin membeli pisau, kamu sudah tahu ingin beli, jenis pisau yang mana, dan tidak mudah dibohongi penjual.

Ada banyak pisau dengan merk peralatan rumah tangga ternama. Kamu bisa membelinya di toko perabotan, atau di toko online.

Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari Rp100.000 per set, hingga ada yang sampai jutaan.

Tapi jangan khawatir, mau berapapun harga dan tempat jualnya, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli pisau dapur, yang sedang dibutuhkan.

Selain lebih praktis, bayar menggunakan kartu kredit, juga lebih hemat. Karena, kamu bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik, mulai dari potongan harga hingga cashback.

Buat kamu yang belum punya kartu kredit, bisa segera ajukan dengan mudah, secara online melalui CekAja.com.

DI CekAja.com, kamu bisa menemukan banyak produk kartu kredit, dari berbagai perusahaan bank ternama di Indonesia, dan pastinya terpercaya.

Yuk, ajukan segera kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.