Kelebihan dan Kekurangan Mobil MPV di Pasar Indonesia

Multi-purpose vehicle (MPV) merupakan salah satu jenis mobil, yang sering dipilih banyak keluarga Indonesia.

Memang, apa sih kelebihan dan kekurangan mobil MPV? Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum mantap, membeli mobil MPV? Yuk, kita bahas di sini.

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan mobil MPV, penjualan mobil MPV di Indonesia sendiri, tergolong laku.

Pasalnya, mobil MPV dikenal dengan mobil keluarga, yang bisa menampung tujuh penumpang, sekaligus.

Tentu, jenis mobil ini sangat cocok dengan kebiasaan keluarga Indonesia, yang jika kemana-mana, lebih sering mengajak keluarga besarnya.

Jenis Mobil MPV di Indonesia

Di Indonesia sendiri jenis mobil MPV dibagi menjadi tiga, yakni low MPV (LMPV), MPV, dan upper MPV.

Dari ketiga jenis tersebut, mobil LMPV disebut menjadi mobil yang segmennya paling digemari dan populer di masyarakat Indonesia.

Sebut saja jenis mobil LMPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, hingga Suzuki APV.

(Baca Juga: 15 Kelebihan Mobil Toyota Avanza)

Namun, dari deretan merk mobil LMPV yang terkenal tersebut, muncul MPV baru dari Mitsubishi, yang langsung menyita perhatian keluarga Indonesia.

Ya, Small MPV Mitsubishi lahir pada 2017 lalu, di GIIAS 2017. MPV Mitsubishi muncul membawa image baru, dari jenis MPV.

Bagaimana tidak, dari segi desain, dan lainnya, mobil keluarga dari Mitsubishi ini, bak seperti mobil SUV namun, bisa muat tujuh penumpang dan harganya murah.

Jadi, mengapa keluarga Indonesia lebih banyak pilih MVP? Apa sih kelebihannya selain bisa muat tujuh penumpang? Yuk, simak di sini.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil MPV

Kelebihan

1. Muat Banyak Penumpang

Kelebihan mobil MPV yang pertama tentunya adalah dari segi daya tampung. Pasalnya, banyak orang Indonesia yang berpikir, buat apa membeli mobil besar, tapi daya tampung sedikit.

Tidak hanya itu, tipe orang Indonesia juga sangat kekeluargaan. Dalam satu keluarga saja, jumlah anaknya bisa lebih dari dua.

Belum lagi, sanak saudaranya yang lain. Sehingga, memiliki mobil yang bisa menampung banyak orang, lebih dipilih keluarga Indonesia.

Nah, di sini kelebihan mobil MPV bisa menjadi kelebihan yang cocok untuk keluarga Indonesia. Adapun daya tampung mobil MPV bisa mencapai tujuh orang.

2. Harga Lebih Murah

Meski daya tampungnya banyak, siapa sangka memiliki harga murah, merupakan kelebihan mobil MPV.

Ketimbang mobil sedan hingga SUV yang hanya bisa menampung 4-5 orang, mobil MPV justru lebih murah.

Kisaran harga mobil MPV di Indonesia mulai dari Rp150 juta hingga Rp250 juta. Sedangkan mobil SUV, dibanderol mulai Rp250 juta ke atas.

3. Kapasitas Bagasi Bisa Dimaksimalkan

Kelebihan mobil MPV yang selanjutnya adalah memiliki kapasitas bagasi yang bisa dimaksimalkan. Kok bisa?

Pasalnya, jika kamu ingin menggunakan ruang bagasi pada mobil MPV, kamu hanya cukup melipat dua kursi di baris kedua dan ketiga paling belakang.

Jika bagasi sudah tidak digunakan, kursi bisa dirakit kembali, untuk tempat duduk penumpang.

Nah, hal tersebut tidak dimiliki oleh mobil SUV. Karena, mobil SUV memang memiliki bagasi yang lebih luas, namun tempat duduk penumpang hanya tersedia untuk 4-5 orang saja.

Jadi, ketika bagasi tidak digunakan, ruang bagasi akan tetap kosong, dan tidak bisa digunakan untuk penumpang. Begitu juga untuk mobil sedan dan sejenisnya.

Kekurangan

1. Hanya Dirancang untuk Menyusuri Jalan Mulus

Tak sekuat mobil SUV, kekurangan mobil MPV yang pertama adalah tidak bisa menyusuri jalan yang buruk.

Intinya, kebanyakan mobil MPV hanya dirancang untuk menyusuri jalan mulus, seperti di jalan raya, jalan tol, atau jalan yang beraspal.

Jadi, ketika kamu membawa mobil MPV untuk menyusuri bukit, jalan bebatuan, jalan berlumpur, hingga berair, mobil ini tidak cocok.

2. Kurang Kuat Menanjak

Kekurangan mobil MPV yang selanjutnya adalah kurang kuat untuk berjalan di jalanan menanjak.

Pasalnya, selain hanya bisa menyusuri jalan mulus, mobil ini juga kurang bisa diandalkan, jika harus menanjak di tanjakan.

Berbeda dengan mobil jenis SUV, yang sangat bisa diandalkan untuk mengeksplorasi berbagai jenis jalanan, misalnya bukit, jalanan berbatu, dan kondisi jalanan yang lebih buruk.

3. Tinggi Mobil Rendah

Untuk ukuran mobil keluarga, berpenumpang tujuh orang, deretan mobil MPV dirasa memiliki tinggi yang rendah.

Sedangkan mobil SUV yang hanya menampung 4 orang, memiliki tinggi yang cukup.

Hal tersebut dikarenakan, mobil MPV menggunakan velg berukuran kurang dari 16 inci.

Jika ingin dimodifikasi agar lebih tinggi, velg hanya bisa dinaikkan 2 inci dari ukuran velg bawaan pabrik.

Jadi, mobil MPV tidak disarankan mengganti velg yang berukuran 17-19 inci.

(Baca Juga: Cara Pengajuan Asuransi Kendaraan Sinarmas Online)

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Mobil MPV

  • Pastikan kamu hanya menggunakan mobil MPV di jalan yang mulus, alias hanya digunakan di dalam kota saja. Jika kegiatanmu mengharuskan ke lokasi yang jalannya kurang bagus, lebih baik pilih jenis mobil SUV.
  • Kamu bisa pilih mobil MPV, jika memiliki jumlah orang yang banyak di dalam keluarga. Jika hanya hanya sepasang suami istri, dengan satu atau dua anak, lebih baik pilih mobil sedan atau SUV.
  • Pastikan pilih mobil MPV dengan varian mesin irit bahan bakar. Karena, jika dibandingkan, mobil MPV lebih boros bahan bakar, ketimbang jenis mobil lainnya.
  • Pastikan kamu menggunakan mobil MPV hanya di jalan yang stabil.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil MPV di Indonesia. Kamu sendiri bakal pilih MPV sebagai mobil keluargamu, apa jenis lain?

Tentu semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pasalnya, apapun jenis mobilnya, yang penting bisa nyaman untuk dikendarai, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan,

Tidak lupa, untuk melindungi mobil kesayangan kamu dengan asuransi kendaraan. Pasalnya, sekuat, semahal atau sehebat apapun mobil MPV, SUV, dan lainnya, mobil kamu tetap perlu perlindungan.

Nah, dengan asuransi kendaraan, mobil kamu bisa terlindungi, dari berbagai macam risiko seperti kerusakan akibat kecelakaan, hingga risiko kehilangan.

Jadi, kamu tidak perlu merasa was-was berlebih, ketika mengendarai mobil. Karena, segala risiko, tidak pernah bisa kita duga.

Yuk, Ajukan Asuransi Kendaraan Terbaik hanya di CekAja.com!

Nah, mau miliki perlindungan yang tepat untuk mobil kamu? Intip saja berbagai produknya, sekaligus bandingan dan ajukan, melaui CekAja.com.

Pasalnya, CekAja.com menawarkan bayak produk asuransi kendaraan, dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia, seperti Sinar Mas hingga Adira.

Kamu juga akan dibantu memilihkan jenis produk terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial kamu.

Misalnya, mau pilih asuransi mobil jenis All Risk atau TLO. Sehingga, kamu tidak akan bingung.

Tidak hanya itu, semua proses pendaftaran asuransi kendaraan, juga dilakukan secara online, jadi sangat praktis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.