Kenali Pentingnya Membayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, Dompet Hemat Hati Tenang!

Sebagai pengguna layanan credit card, yuk jangan ragu akan pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Simak faktanya agar terhindar dari lilitan utang yang memberatkan!

Kenali Pentingnya Membayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, Dompet Hemat Hati Tenang!

Kartu kredit memiliki sejuta manfaat bagi penggunanya. Mulai dari memberikan promo berlimpah, program cicilan 0% yang menarik, serta kemudahan transaksi yang dapat dibayarkan di kemudian hari.

Namun keuntungan ini bukan berarti tanpa risiko. Bahaya terlilit utang tagihan kartu kredit kerap mengintai penggunanya, terutama yang tidak disiplin dalam pembayaran tagihan sesuai waktu jatuh tempo.

6 Alasan Pentingnya Membayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Bagi kamu yang masih menunda pembayaran tagihan kartu kredit karena beberapa alasan, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengatur prioritasmu. Berikut alasan pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu!

1. Menghindari Denda Keterlambatan

Alasan pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu yang pertama adalah menghindari dibebankannya denda keterlambatan pada tagihan. 

Denda keterlambatan yang dibebankan oleh perusahaan kartu kredit pun tak main-main. Bank Indonesia menetapkan denda dibebankan sebesar 1% dari tagihan atau maksimal Rp100 ribu.

Dengan membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, dapat dipastikan bahwa anda akan terhindar dari denda keterlambatan yang memberatkan.

2. Beban Utang Lebih Ringan

Urutan kedua dalam mengetahui alasan pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu ialah meringankan beban utang.

Seperti yang telah disebutkan di poin pertama, keterlambatan pembayaran dapat menyebabkan ditambahkannya denda dan bunga yang besar pada tagihan.

Membengkaknya tagihan kartu kredit tentu memberatkan jumlah pengeluaran bulanan yang seharusnya bisa dihindari dengan perencanaan pembayaran tagihan kartu kredit yang tepat.

3. Mempertahankan Skor Kredit Tetap Baik

Tak hanya berkaitan dengan denda, pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu juga dapat dilihat dari sisi skor kredit para pengguna.

Skor kredit sendiri adalah penilaian kualitas kredit finansial seseorang. Semakin tinggi skor kredit yang dimiliki, maka kesempatan mendapatkan pinjaman tentu semakin besar.

Mempertahankan skor kredit agar tetap baik dapat terhambat dengan histori penunggakan pembayaran tagihan kartu kredit. 

Skor kredit yang semula baik dapat menurun secara drastis jika terekam pembayaran kartu kredit yang macet sehingga nasabah sulit mencairkan dana tunai dari berbagai instansi seperti bank atau pinjaman online.

4. Ketenangan Batin Bebas Utang

Mengenali pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu ternyata juga dapat berdampak terhadap kondisi psikologis seseorang. 

Utang yang terbayar tepat waktu dapat mengurangi stress, meningkatkan kondisi tubuh, serta meningkatkan rasa percaya diri. Banyak sekali manfaatnya!

Menurut studi, ternyata membayarkan utang bahkan dalam jumlah kecil dapat meningkatkan motivasi diri dalam mengatur keuangan lebih baik.

Dengan melunasi satu jenis utang, kita dapat terdorong untuk mengerjakan kewajiban lain seperti membayar berbagai tagihan rumah tangga atau menuntaskan cicilan yang macet.

(Baca Juga: Cara Jitu Atasi Utang Kartu Kredit)

5. Membantu Perencanaan Keuangan Bulanan

Perencanaan keuangan kadang sering diabaikan dalam memastikan kondisi finansial tetap sehat setiap bulan.

Dari sini kita juga dapat mengetahui pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu yaitu kita dapat mencatat pengeluaran rutin bulanan tanpa ada tambahan denda.

Tagihan yang datang tiap bulan bisa tercatat dengan rapi sehingga menjadi acuan dalam mengambil keputusan finansial untuk bulan selanjutnya.

Sebaliknya apabila terdapat denda atau bunga tambahan karena keterlambatan pembayaran, perencanaan finansialmu dapat dengan mudah buyar karena faktor kelalaian.

6. Menghindari Terlilit Utang Kartu Kredit

Tagihan yang semula berjumlah kecil jika ditumpuk terus-menerus dapat menjadi beban yang sangat memberatkan, terutama di akhir tahun.

Inilah alasan terakhir pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu yaitu menghindari utang kartu kredit yang melilit kondisi keuangan.

Sifat konsumtif dipadukan dengan denda keterlambatan yang tak kunjung dibayar merupakan pendorong utama dari banyaknya pengguna kartu kredit terlilit utang.

Ketidakmampuan pengguna kartu kredit dalam mengukur kemampuan finansialnya ditambah dengan rasa tidak peduli meningkatkan kemungkinan kondisi keuangan dibebani utang dalam jumlah besar.

Bahaya Terlilit Utang Kartu Kredit

Kemudahan penggunaan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan banyak penggunanya melakukan pengeluaran besar tanpa perencanaan yang matang.

Akibatnya, tak sedikit yang merasakan pahitnya terlilit utang mulai dari gaji yang selalu habis di awal bulan, beban pikiran yang berat, hingga teror dari pada debt collector. 

Agar kamu lebih waspada terhadap pengeluaranmu dengan kartu kredit, berikut bahaya terlilit utang kartu kredit:

  1. Denda dan bunga yang kian menumpuk sehingga menyulitkan pelunasan utang
  2. Skor kredit buruk mencegah pengajuan kredit disetujui
  3. Teror dari kreditor dan debt collector
  4. Masuk ke dalam jajaran Blacklist Bank Indonesia
  5. Tertundanya pengeluaran penting untuk membayar utang kartu kredit
  6. Kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari
  7. Meningkatkan kemungkinan berhutang di institusi lain

Mengetahui bahaya yang mengintai, diharapkan kamu lebih memperhatikan pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu.

(Baca Juga: Diteror Penagih Utang? Ini Cara Melaporkan Ancaman Pinjaman Ilegal)

Solusi Masalah Utang

Meskipun telah mengupayakan segala cara agar terhindar dari utang, banyak nasabah yang terjerumus dalam lilitan utang yang membengkak.

Mengetahui pentingnya membayar tagihan kartu kredit tepat waktu tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pembatasan pengeluaran.

Kondisi ini terjadi disebabkan berbagai alasan seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan pengeluaran, atau terdapat kejadian yang tidak diinginkan dan lain-lain.

Untuk membantu jutaan masyarakat Indonesia yang terlilit masalah utang perbankan seperti kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan, amalan hadir sebagai solusi masalah utang terbaik bagi yang membutuhkan.

amalan mengajak penggunanya untuk menyelesaikan utang mereka dengan cara menata kembali utang-utang yang ada melalui program keringanan pinjaman sehingga pinjaman dapat diselesaikan dengan cicilan yang lebih ringan.

Tidak hanya dengan membantu menata kembali utang-utang yang ada, amalan juga memediasikan keringanan cicilan kepada bank yang dilakukan oleh para profesional di bidang debt management. 

amalan juga memiliki layanan amalanPROTECT yang tingkat kesuksesannya mencapai 100% dalam menghentikan perilaku debt collector tidak beretika.

Dengan akreditasi IAPDA (International Association of Professional Debt Arbitrators), kualitas konsultan amalan dalam jasa negosiasi utang tak perlu dipertanyakan lagi.

Soal keamanan? Tak perlu ragu, amalan telah tercatat secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta menjadi bagian dari Asosiasi Fintech Indonesia.

Bagi kamu yang memiliki utang dengan total minimum Rp10 juta di bank konvensional dan/atau cicilan KPR/KPG jaminan rumah,  amalan siap membantumu terlepas dari beban utang. 

Wujudkan #HarapanBebasUtang bersama amalan sekarang. Klik link di bawah ini!