11 Makanan Indonesia yang Mendunia, Mulai dari Sate hingga Bakso

Ternyata, ada sejumlah makanan Indonesia yang mendunia, loh! Makanan-makanan tersebut tentunya bisa mendunia, karena memiliki cita rasa yang sangat lezat dan kaya akan rempah-rempah.

Buat kamu yang belum tahu apa saja makanan Indonesia yang mendunia, sebenarnya ada banyak seperti sate, rendang, nasi goreng, sop buntut, bakso hingga tempe.

Semua itu adalah kuliner nusantara, yang cita rasanya sangat khas. Bahkan, cita rasa itu tidak bisa didapat dari makanan orang luar, yang cenderung hambar.

Maka dari itu, tidak heran apabila makanan ini jadi mendunia. Apalagi, alasan utama mengapa makanan Indonesia bisa mendunia, yaitu rasanya yang sangat kaya akan rempah-rempah.

Sehingga, mencoba makanan Indonesia bisa dibilang merupakan hal baru bagi orang luar, karena akan menikmati makanan dengan cita rasa yang jauh berbeda dari makanan mereka biasanya.

Jika kamu ingin tahu lebih jelas seputar makanan Indonesia yang mendunia, pada artikel kali ini, semuanya akan dibahas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Makanan Indonesia yang Mendunia

Pada pembahasan sebelumnya sudah disinggung, kalau makanan Indonesia yang mendunia ada sangat banyak, di antaranya yaitu sate, rendang, nasi goreng, sop buntut dan tempe.

Namun selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi makanan Indonesia yang mendunia lainnya, yang akan diulas informasinya sebagai berikut.

1. Sate

Makanan Indonesia yang mendunia pertama, yaitu sate. Seperti yang diketahui, sate merupakan makanan Indonesia yang terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk pakai tusukan lidi kemudian dibakar.

Biasanya, sate disajikan dan disantap dengan dua jenis saus, yaitu saus kacang atau bumbu kacang, dan saus kecap cabai.

Dengan dua pilihan jenis saus tersebut, sudah dipastikan sate memiliki cita rasa yang sangat lezat, terlebih jika disantap saat masih hangat.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila sate menjadi salah satu primadona kuliner, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

Kini, sate pun selain bisa ditemukan di pedagang kaki lima, juga bisa ditemukan di banyak restoran internasional.

Menariknya, di New York, Amerika Serikat, sate sudah masuk ke dalam daftar menu dan menjadi menu andalan di sebuah restoran bernama Satay Junction.

(Baca Juga: Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik)

2. Rendang

Berikutnya ada rendang, yang juga menjadi bagian dari daftar makanan Indonesia yang mendunia versi CekAja.com.

Makanan yang berasal dari daerah Pariangan, Padang, Sumatera Barat ini, memang dikenal memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, Rendang sempat menempati posisi pertama, dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diselenggarakan di Jerman.

Hal itu tentu tidak mengejutkan, mengingat rendang merupakan makanan olahan daging dengan tekstur empuk dan lembut.

Apalagi penggunaan rempah-rempah seperti cabai, santan kelapa, dan lain sebagainya yang dimasak dalam waktu lama, membuat semua bumbu tersebut meresap hingga ke bagian dalam daging.

3. Tempe

Selain sate dan rendang, tempe juga ternyata masuk ke dalam daftar makanan Indonesia yang mendunia, loh!

Menjadi suatu hal yang mengejutkan, mengingat tempe adalah bahan makanan lokal yang terbuat dari kacang kedelai dan memiliki cita rasa sederhana.

Meskipun begitu, namun karena kesederhanaan rasanya, tempe bisa membuat banyak orang luar negeri jatuh hati. Terlebih, tempe juga cocok diolah menjadi berbagai macam menu makanan.

Pada 2012, tepatnya di acara Jakarta Kuliner Fest, tempe berhasil go international. Hal itu tidak lain karena Eduard Quad, salah satu chef asal Korea mengakui kelezatan yang dimiliki kuliner khas Nusantara satu ini.

4. Nasi goreng

Siapa sangka, nasi goreng yang pada dasarnya merupakan hidangan paling mudah dibuat di Indonesia, menjadi bagian dari daftar makanan Indonesia yang mendunia.

Disebut paling mudah dibuat, karena nasi goreng hanya dimasak menggunakan beberapa bumbu seperti bawang merah, kecap manis, garam, sedikit lada, dan telur.

Agar semakin lezat, nasi goreng juga bisa ditambah beberapa topping seperti ikan asin, ayam, sosis, bakso dan lain sebagainya.

Walaupun hanya dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana, namun cita rasa yang diberikan mampu meluluhkan hati banyak pecinta kuliner, tidak terkecuali orang luar negeri.

Satu hal yang perlu kamu tahu, kalau nama nasi goreng semakin populer di mancanegara, setelah Presiden Amerika Serikat, yaitu Barack Obama mengatakan kalau nasi goreng adalah makanan Indonesia yang sangat lezat dan terkenal di dunia.

Tidak hanya itu, pada perlombaan masak bertaraf internasional World Expo Shanghai China 2010, nasi goreng juga menjadi sajian yang menarik, dan mampu membawa nama nasi goreng semakin terkenal di dunia.

5. Sop buntut sapi

Makanan Indonesia yang mendunia lainnya, yang perlu kamu ketahui yaitu sop buntut sapi. Dibuat menggunakan beberapa potong daging sapi yang diolah dengan rempah-rempah asli Indonesia, hidangan ini berhasil menghadirkan cita rasa yang gurih dan lezat.

Di samping rasanya yang sangat lezat, sop buntut sapi juga bisa mendunia karena pernah disajikan oleh salah seorang chef asal Indonesia, di sebuah acara yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta ini, mampu membuat sop buntut sapi menjadi menu unggulan, karena mendapat banyak respon positif dari para peserta.

6. Soto ayam

Hidangan nusantara lainnya, yang juga berhasil masuk ke dalam daftar makanan Indonesia yang mendunia, yaitu soto ayam.

Makanan yang nikmat disantap dikala hujan ini, ternyata tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia saja, namun juga menjadi makanan favorit warga Jepang.

Bagaimana tidak, pasalnya soto ayam sering hadir di sebuah festival makanan di Jepang, yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ – Komsat Ibaraki.

Karena hal tersebut, soto ayam pun menjadi sangat terkenal di Jepang, dan keberadaannya sangat diterima oleh masyarakat Jepang.

7. Nasi Padang

Siapa di antara kamu yang tidak suka nasi Padang? Sepertinya tidak ada. Karena, makanan khas nusantara yang satu ini, sangat difavoritkan masyarakat Indonesia.

Tetapi selain itu, warga asing pun ternyata juga menyukai kuliner Indonesia ini. Salah satu buktinya, yaitu viralnya lagu “Nasi Padang” yang dibuat oleh bule asal Norwegia bernama Audun Kivlan.

Lagu tersebut dibuat Audun, sebagai bentuk kekagumannya terhadap nasi Padang. Ya, makanan yang terdiri dari nasi hangat, kemudian dicampur dengan berbagai lauk khas masakan Padang yang kaya akan rempah-rempah.

8. Gudeg

Sebagai makanan khas Provinsi Yogyakarta, Gudeg nyatanya tidak hanya mampu memanjakan lidah masyarakat Indonesia saja, namun juga lidah orang luar negeri.

Hal itu karena, makanan yang terbuat dari nangka muda ini dimasak menggunakan santan sampai empuk, dan semua bumbu meresap sempurna.

Saking sukanya dan tingginya permintaan warga luar negeri terhadap Gudeg, maka kini Gudeg sudah bisa diimpor ke luar negeri dalam bentuk kalengan.

Selain itu, di Melbourne, Australia juga terdapat satu restoran yang menyajikan Gudeg asli Indonesia, untuk melepaskan rindu konsumennya yang ingin menyantap Gudeg tanpa harus jauh-jauh pergi ke Indonesia, nama restoran tersebut yaitu Clayton Road.

9. Gado-gado

Tidak hanya orang luar negeri saja yang memiliki salad sayur, masyarakat Indonesia juga memiliki salad sayur, yang dikenal dengan nama gado-gado.

Bedanya dengan salad sayur pada umumnya, gado-gado tidak menggunakan mayonaise sebagai saus pendampingnya, melainkan diolah menggunakan bumbu kacang, yang membuatnya sangat gurih dan lezat.

Makanan khas Jawa satu ini, pernah diikutsertakan dalam sebuah kompetisi dan menang, meskipun harus bersaing dengan berbagai hidangan lezat dari negara-negara lainnya.

Kemenangan yang berhasil diraih tersebut, tentunya didapat dari penilaian berbagai aspek, mulai dari nilai estetika, bahan-bahan yang digunakan, hingga cita rasa yang dihasilkan.

10. Soto Betawi

Buat kamu pecinta soto Betawi, sepertinya kamu perlu berbangga hati, karena sajian yang satu ini adalah makanan Indonesia yang mendunia.

Herjunot Ali yang merupakan aktor sekaligus Komisaris Codafood, yaitu perusahaan rintisan yang fokus dalam pemasaran kuliner khas Indonesia ke pasar internasional ini, pernah memiliki rencana untuk membawa soto Betawi favoritnya ke Jepang, dan melakukan pengembangan di sana.

Rencana itupun akhirnya berhasil direalisasikan pada kuartal pertama 2020, tepatnya bulan Februari dengan nama Soto Betawi Miyamoto (SBM).

Nama tersebut merupakan nama soto Betawi yang diciptakan khusus untuk di Jepang. Karena sejatinya, soto Betawi yang hadir di Jepang itu adalah soto Betawi ternama di Indonesia, yang bernama Soto Betawi Bang Rojak.

11. Bakso

Makanan Indonesia terakhir yang mendunia, yaitu bakso. Makanan favorit segala usia dan kalangan ini, memiliki cita rasa yang sangat lezat dan menyegarkan.

Apalagi, bola-bola daging bertekstur lembut dan kenyal yang dimilikinya, mampu memanjakan lidah dan membuat mereka yang menyantapnya ketagihan.

Di Indonesia sendiri, satu porsi bakso dibanderol dengan harga yang sangat murah. Dan biasanya, isi satu porsi bakso terdiri dari beberapa buah bakso, mie kuning, toge, tahu, kerupuk pangsit, mie kuning, bihun, taburan bawang goreng dan seledri.

Bakso pun bisa ditemukan di mana saja, baik itu di penjual gerobak, kedai bakso, hingga restoran ternama dan internasional sekalipun.

(Baca Juga: Makanan Tradisional Indonesia)

Nah, beberapa makanan Indonesia yang mendunia, sudah kamu ketahui dengan jelas dan lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Semua makanan Indonesia tersebut, bisa kamu coba buat dan kreasikan sendiri di rumah, karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Kamu bisa menemukan dan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan itu di supermarket, atau e-commerce pakai kartu kredit agar lebih praktis dan hemat.

Sebab, kartu kredit sering memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Jika kamu belum memiliki kartu kredit, namun ingin mendapatkan semua promo tersebut, langsung saja ajukan pembuatan kartu kredit di CekAJa.com.

Pasalnya, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!