23 Makanan Khas Bogor Paling Populer, Legendaris Tapi Tetap Eksis!

Kota Bogor atau Buitenzorg, memang dikenal sebagai kota wisata yang memiliki panorama indah, asri dan sejuk untuk berwisata alam. Tapi, dibalik itu terdapat pula makanan khas Bogor paling populer, yang tak kalah menarik! Apa saja ya?

Advertisement

Tiap akhir pekan, banyak warga Ibu Kota berdatangan untuk sekedar melepas penat dan menikmati udara Kota Bogor yang sejuk. Rasanya, tidak afdol jika tidak sekalian mencicipi kuliner-kuliner khas Bogor atau membeli oleh-oleh untuk orang tersayang.

(Baca Juga: Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik)

Makanan Khas Bogor Paling Populer

Berikut rekomendasi daftar makanan khas Bogor paling populer, yang dilansir dari berbagai sumber, yaitu:

1. Toge Goreng

Toge goreng memang sudah menjadi makanan khas Bogor paling populer dan legendaris. Hidangan ini terbuat dari toge rebus yang dicampur mie, tahu, dan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco, dan kecap manis.

Cara masak yang unik karena menggunakan kuali besar lalu hidangan dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih manis lezat! apalagi jika dinikmati dengan kerupuk mie.

Tempat toge goreng legendaris paling terkenal di Kota Bogor bernama Toge Goreng Hj.Omah sejak tahun 1970.

2. Laksa Bogor

Makanan khas Bogor paling populer ini, berkuah gurih dan kaya akan rempah. Kombinasi bihun, ketupat, oncom, tauge, tahu kuning dan telur rebus yang disiram kuah laksa dan taburan daun kemangi yang harum pastinya akan membuat kamu ketagihan!

Salah satu tempat laksa terkenal di Kota Bogor yaitu Warung Laksa Pak Inin, berdiri sejak 1965 ada di Jalan Raya Cihideung, Cijeruk Bogor. Satu porsi laksa hanya Rp10.000!

3. Doclang

Pernah dengar hidangan ini? Doclang merupakan makanan khas Bogor paling populer karena memadukan lontong yang dibungkus daun patat dengan tahu kuning goreng, kentang rebus, telur rebus lalu disiram kuah kacang ditambah kecap legendaris cap Zebra.

Salah satu tempat docang paling terkenal yaitu Doclang Pak Odik di Jalan Pasir Kuda (jajaran sekolah Insan Kamil), satu porsinya mulai dari Rp10.000,-

4. Roti Unyil Venus

Makanan khas Bogor paling populer ini untuk pecinta roti, siapa sih yang gak tau roti unyil khas Bogor ini? roti mini berukuran kurang dari 5 cm ini lembut dan memiliki 57 varian rasa!

Jika ingin membeli Roti Unyil Venus, kamu bisa mendatangi toko pusatnya di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1 yang buka dari jam 6 pagi sampai 9 malam.

5. Cungkring

Makanan khas Bogor paling populer yang hampir jarang ditemui ini adalah kikil sapi. Makanan ini terdiri dari kikil (ada juga kulit, urat sapi) yang dimasak bumbu kuning, kemudian dicampur lontong, tempe goreng dan rempeyek lalu disiram bumbu kacang mirip sate.

Salah satu tempat cungkring terkenal ada di Jalan Suryakencana yaitu Cungkring Pak Jumat, buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai habis.

6. Asinan Bogor

Kuliner yang identik dengan Bogor adalah asinan, dan sepertinya tidak afdol jika berlibur ke Kota Hujan ini tanpa mencoba makanan khas Bogor paling populer ini.

Spot terbaik menikmati asinan khas Bogor adalah di Gedung Dalam. Bermodal buah-buahan segar dari perkebunan lokal, mulai dari buah dan sayuran, rasa yang disajikan pas di lidah dan menyegarkan, meski ada juga sedikit rasa pedas.

Kamu harus coba, deh! Harga asinan Bogor Rp25 ribu per porsi.

7. Bolu Lapis Talas Sangkuriang

Talas Bogor memang sudah cukup populer bagi para wisatawan. Jika talas bogor diolah menjadi sebuah bolu menarik bukan?

Oleh karena itu produk Sangkuriang ini identik dengan oleh-oleh atau cemilan khas Bogor. Adonan lembut yang dipadukan dengan berbagai topping tentu menggugah selera!

8. Ubi Bakar Cilembu

Kuliner khas Bogor paling populer yang biasanya ada di sepanjang jalan kawasan puncak. Ubi bakar Cilembu merupakan kuliner khas Sunda.

Kuliner satu ini memiliki rasa manis bagaikan madu dan lembut, kamu pasti ketagihan!

9. Mie Glosor

Jika mendengar mie glosor, pasti yang terbayang adalah Kota Bogor. Sebab, mie yang berasal dari tepung sagu (aci) dicampur kunyit ini memang identik dengan kota hujan.

Mie glosor ini lebih licin daripada mie biasanya dan identik dengan jajanan bulan Ramadhan.

Tapi konon faktanya, Mie glosor ini sebenarnya berasal dari Sukabumi yang kemudian menjadi terkenal dan digemari oleh masyarakat kota Bogor.

10. Bir Kotjok

Kuliner khas Bogor paling populer ini merupakan minuman bir 100% halal dan bisa dinikmati siapa saja. Sebab, bis kocok ini terbuat dari jahe, kayu manis, dan gula aren yang dikocok dan ditambah es.

Salah satu tempat es bir kocok yang terkenal ada di jalan Suryakencana yaitu Es Bir Kotjok Si Abah sejak tahun 1965, hanya Rp 5000,- rupiah. Segar, enak dan murah meriah bukan?

11. Soto Mie Khas Bogor

Makanan khas Bogor paling populer ini terdiri dari daging, tetelan, mie, kol, kentang, lobak, risol, daun bawang, dan seledri kemudian disiram kuah kaldu kental. Pelengkapnya adalah emping, sambal, dan jeruk nipis.

Untuk menikmati soto mie yang terkenal di Bogor, Kamu bisa mencoba Soto Mie Mang Ohim.

Daya tarik kedai ini ada di kulit risol yang terasa renyah saat digigit. Jika ingin tambah risol harganya Rp 4 ribu per biji.

12. Dongkal

Makanan khas Bogor paling populer Dodongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menjadi tepung, dan kemudian di beri bumbu agar terasa gurih.

Selain itu di dalam dodongkal ini terdapat lelehan gula jawa atau gula aren yang membuat rasa dodongkal semakin nikmat. Rasanya gurih dan lezat sekali. Cobain deh!

13. Cimory

Cimory adalah singkatan dari Cisarua Mountain Dairy yang terletak di kawasan puncak ini menjual varian produk olahan susu. Seperti yoghurt, bakpao, coklat yang juga merupakan oleh-oleh favorit wisatawan.

Selain yoghurt dan susu segar dengan aneka rasa, kue bolu gulung ‘Moo Moo Roll’ juga merupakan produk unggulan yang cukup populer di kalangan wisatawan.

14. Martabak Arang

Makanan khas Bogor paling populer ini selalu ramai pembeli hingga antrian berjam-jam, martabak ini memang khas karena proses pembuatannya menggunakan arang sehingga citra rasanya unik berbeda dengan martabak umumnya dipadukan dengan berbagai topping.

Pedagang martabak arang yang paling terkenal di Kota Bogor adalah Martabak Encek di Suryakencana. Penjualnya pun legend alias kakek-kakek yang sudah membuat martabak puluhan tahun.

Martabak Encek baru buka jam 2 siang dan dibanderol harga Rp40.000-Rp.55.000. Kamu harus coba!

15. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor istana ini memang identik dengan Kota Hujan. Kacang Bogor berbeda dengan kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang lainnya.

Kacang ini berbentuk bulat dan dalamnya berwarna ungu. Pada bulan Februari-April biasanya kamu akan mudah menemukan kacang Bogor rebus di pedagang keliling.

Tapi, Kacang Bogor Istana melakukan inovasi dengan menjadikan kacang ini tidak hanya direbus. Kacang ini diolah hingga menjadi lebih garing, renyah, tahan lama dan memiliki berbagai varian rasa.

16. Bapatong

Makanan khas Bogor yang paling terkenal ini menjadi salah satu jajanan yang ngehits karena rasa dan tekstur makanan yang khas.

Bapatong merupakan kependekan dari bakso kupat gentong. Yang membedakan dengan bakso umumnya adalah pada bentuk daging yang dipola secara khusus, berbentuk potongan dadu dan tambahan iga sapi sebagai topping.

Kuliner ini bisa ditemukan di Jalan Taman Kencana Bogor Tengah, dengan harga Rp15 ribu per porsi.

17. Ngo Hiang

Untuk pecinta chinese food, kamu harus bisa coba makanan khas Bogor yang paling terkenal satu ini.

Ngo hiang merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, makanan ini berbahan dasar daging babi, namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa ketika masuk ke Indonesia.

Ngo hiang sekilas mirip dengan batagor, namun menggunakan daging babi cincang yang dibungkus tepung kanji.

Ngo hiang ini kemudian digoreng sampai garing, lalu dipotong-potong dan disajikan dengan saus kental, acar lobak dan kentang sebagai pelengkap.

Salah satu pedagang Ngo Hiang yang terkenal ada di Gang Aut Suryakencana, perporsinya dibanderol harga Rp33 ribu- Rp45 ribu.

18. Asinan Jagung Bakar

Kalo biasanya asinan dipadukan dengan sayuran atau buah-buahan, beda lagi dengan asinan jagung bakar satu ini.

Asinan jagung bakar ini memadukan jagung bakar yang diparut, dicampur kacang tanah goreng dan potongan mentimun yang kemudian diguyur kuah cuka yang segar dan pedas. Mantap!

Tempat asinan jagung bakar yang terkenal ada di Jalan Surya Kencana Gang Aut yaitu Asinan Jagung Bakar Pak Sabur. Cara jualannya sangat sederhana, hanya berupa gerobak kayu dan mangkal di pinggir jalan.

19. Gepuk Karuhun

Makanan khas Bogor paling terkenal ini sudah diturunkan oleh nenek moyang. Termasuk kuliner lama, namun tetap eksis hingga saat ini.

Sekilas memang memiliki kemiripan dengan empal, namun cara pengolahannya berbeda. Gepuk Karuhun yang kecoklatan, tampak menarik untuk segera dicoba.

20. Soto Kuning Khas Bogor

Kalau ke Bogor pasti ingat dengan soto kuning khas Bogor yang terkenal lezat dengan cita rasa yang otentik ini kan? Soto kuning menjadi makanan khas Bogor paling populer yang bisa memanjakan lidah.

Soto kuning berkuah gurih dan lezat dicampur dengan pilihan daging yang melimpah, dan bisa ditambah dengan perkedel kentang.

Salah satu soto kuning khas Bogor yang terkenal adalah Soto Kuning Pak Yusuf sejak tahun 1977 di Jalan Surya Kencana.

Jika kesana, harus sabar mengantri ya. Buka dari jam 9 pagi dan perporsi dibanderol harga Rp30.000 (tanpa nasi).

21. Pizza Kayu Bakar

Pizza memang bukan makanan tradisional khas Bogor, namun cara pembuatan dengan kayu bakar ini menjadi keunggulan salah satu Cafe yang terkenal di Bogor dan selalu menjadi buruan wisatawan.

Rasa yang unik didapat dari cara pembuatan dibakar dengan kayu di atas sebuah tungku. Rasanya gurih dan lezat!

22. Es Pala

Minuman khas Bogor paling terkenal ini sudah eksis selama lebih dari 50 tahun. minuman ini terbuat dari bahan dasar buah pala.

Minuman ini menyuguhkan citarasa asam khas buah pala yang dipadukan dengan rasa manis dari gula.

Tempat yang populer untuk menikmati es pala di Bogor adalah Es Pala Pak Ujang di Pasar Bogor. Dengan harga yang terjangkau, hanya Rp5 ribu rupiah!

23. Lumpia Basah Surya Kencana

Makanan khas Bogor paling populer terakhir, adalah lumpia basah. Lumpia basah khas Bogor ini isinya sederhana, hanya bengkoang, tahu goreng, tauge, dan orak arik telur lalu dibalut oleh kulit lumpia.

Salah satu penjual lumpia basah terkenal di Kota Bogor yaitu Lumpia Basah Surya Kencana di Gang Aut, buka dari jam 9 pagi.

Satu porsinya hanya Rp13.000! Aromanya sangat menggoda loh, yakin gak mau coba?

Nah, itu dia beberapa pilihan makanan khas Bogor yang paling terkenal dan bisa kamu jadikan wisata kuliner.

Jaminan Perlindungan Perjalanan untuk Para Traveller

Berbagai makanan otentik tersebar di setiap penjuru Indonesia membuat kamu semakin penasaran ingin berkeliling Indonesia untuk mencicipinya bukan?

Daya tarik Indonesia akan wisata alam, budaya dan kuliner nya memang sangat menarik wisatawan hingga mau menyisihkan uang untuk bisa berkunjung ke kota-kota di Indonesia.

Seperti Kota Bogor ini, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan kota hujan ini sebagai salah satu destinasi wisatanya.

Namun, di setiap perjalanan domestik maupun internasional kamu pasti membutuhkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko di perjalanan bukan?

Tenang, CekAja.com siap membantu kamu untuk memiliki asuransi perjalanan dengan premi rendah sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

(Baca Juga: Asuransi Perjalanan Terbaik)

Produk asuransi perjalanan sering dianggap tak penting dan mahal, sehingga banyak yang mengesampingkan produk perlindungan yang satu ini.

Padahal menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), premi yang dibayar untuk asuransi ini tidak sampai 1 persen dari total biaya perjalanan yang kamu sediakan.

Padahal, kamu bisa langsung merasakan berbagai manfaatnya di setiap perjalanan agar merasa aman, tenang dan nyaman. Segera miliki asuransi perjalanan terbaik kamu di CekAja.com yuk!

Advertisement