Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda!

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan, masih jarang diketahui. Bahkan, bagian yang paling menonjol pada pohon pisang ini, seringkali dibuang karena dianggap tidak berguna atau bingung, bagaimana cara mengolahnya.

Jantung pisang atau bunga pisang, dihasilkan oleh inti pohon dan merupakan bakal calon buah pisang. Sebagian jantung pisang, memiliki kulit luar merah dan bagian dalam putih kekuningan, namun tidak semua jantung pisang bisa dikonsumsi, lho.

Jantung pisang yang biasa atau aman dikonsumsi, berasal dari jenis pisang kapok, pisang siam, pisang klutuk, dan pisang batu.

Untuk jantung pisan ambon tidak disarankan dikonsumsi sebab kandungan taninya, yang tinggi sehingga rasanya pahit.

Jantung pisang sangat bermanfaat, bagi para penderita penyakit diabetes, jantung, atau stroke.

Hal ini disimpulkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kandungan saponin pada jantung pisang, berfungsi sebagai penurun kolestrol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Saponin juga berperan dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Adapun kandungan penting lain pada jantung pisang, yaitu flavonoid dan yodium.

Flavanoid berperan sebagai anti-radikal bebas, anti kanker, dan anti penuaan. Sedangkan, yodium untuk mencegah penyakit gondok.

Kaya Akan Nutrisi

Berdasarkan komisi standard internasional, Codex Alimextarius, bahan pangan yang dikategorikan kaya akan serat adalah yang mengandung minimal 5 gram serat per 100 gram.

Di sisi lain, rata-rata tubuh manusia membutuhkan serat pangan sekitar 20-35 gram per hari.

Nah, serat yang terkandung pada jantung pisang cukup tinggi. Dalam 100 gram jantung pisang terdapat 20,31 gram serat.

Mengkonsumsi pangan dengan kandungan serat tinggi bisa memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolestrol untuk dibuang bersama kotoran.

Oleh karena itu, jantung pisang seringkali dimanfaatkan oleh pelaku diet dan pelaku pola makan sehat untuk menjaga berat badan.

(Baca Juga: Jenis-jenis Pisang di Indonesia)

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Di pembahasan sebelumnya sudah diketahui, kalau jantung pisang kaya akan nutrisi. Yang mana, nutrisi tersebut memiliki pengaruh terhadap banyaknya manfaat yang diberikan.

Sehingga, tidak heran apabila manfaat jantung pisang yang diberikan sangat banyak. Jika kamu ingin tahu secara lengkap, apa saja manfaat jantung pisang tersebut, di bawah ini CekAja.com merangkum ulasan berbagai manfaat jantung pisang untuk kesehatan:

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan pertama bisa mempengaruhi kecantikan juga, lho.

Jantung pisang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin E terbukti mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang sehat akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel, hingga bisa mengurangi kerutan di wajah.

Selain mencegah penuaan dini, vitamin E juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri.

2. Melancarkan Siklus Menstruasi

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan kedua, untuk para wanita yang sering mengalami masalah mestruasi.

Rutin mengonsumsi jantung pisang bisa menurunkan kadar prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri dan pendarahan berlebih saat menstruasi atau menorrhagia.

3. Menyembuhkan Infeksi

Kandungan etanol yang terdapat dalam jantung pisang bisa membantu menyembuhkan seseorang dari infeksi.

Kandungan etanol ini bekerja mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada tubuh.

Tidak hanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, konsumi ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

4. Melawan Radikal Bebas

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang paling penting bisa menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara.

Radikal bebas tersebut mengganggu sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya.

Dengan begitu, mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibatkan oleh radikal bebas.

5. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan juga cocok untuk ibu hamil, sebab mampu merangsang kelenjar penghasil susu pada masa kehamilan.

Jadi, konsumi jantung pisang sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk dapat meningkatkan produksi susu.

6. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Mood

Ekstrak jantung pisang mengandung tinggi antioksidan, yang mampu mencegah stres oksidatif.

Senyawa polifenol dan flavonoid dari ekstrak jantung pisang, dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA, akibat iron-mediated fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas).

7. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat jantung pisang untuk kesehatann bisa berguna untuk menghindari kamu dari berbagai masalah pencernaan, seperti maag, sembelit, radang usus, dan wasir.

8. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan jantung dipercaya banyak orang. Pada jantung pisang terkandung kalium yang bekerja sebagai penawar natrium virtual yang mampu mengurangi tekanan darah dan faktor utama terkena risiko penyakit jantung.

9. Mengatasi Diabetes dan Anemia

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan penderita diabetes sebab kaya akan serat sehingga bisa memperlambat penyerapan gula di usus.

Kandungan serat ini juga dianggap bisa meningkatkan kerja hormon insulin, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan pasien diabetes tipe 2 yang mengalami kelebihan berat badan.

Jantung pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis ketika dimakan.

Selain itu, kandungan serat dan zat besi pada jantung pisang juga bisa membantu memproduksi sel darah merah sehingga mangatasi gejala anemia.

10. Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan berikutnya baik untuk para pria yang mengalami melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

Hasil sebuah penelitian membuktikan, ekstrak jantung pisang bisa membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat.

Ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat. Senyawa-senyawa tersebut mampu menjadi agen antiinflamasi dan anti profilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien pembesaran prostat jinak.

11. Mencegah Gangguan Saraf

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan, bisa mencegah gangguan saraf.

Jantung pisang memiliki kandungan zat anti-radikal bebas yang berguna untuk melindungi tubuh dari reaksi senyawa berbahaya radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi.

Jika dikonsumsi secara rutin, jantung pisang bisa mencegah penyakit gangguan saraf seperti Alzheimer dan Parkinson yang disebabkan oleh senyawa radikal bebas.

12. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan juga cocok untuk pelaku diet, kandungan serat yang tinggi bisa membantu menurunkan berat badan.

Hidangan jantung pisang bisa menenangkan perut jika dikonsumsi, kombinasi jantung pisang dan pseudostem (batang tengah pisang) dapat memberikan pemenuhan nutrisi secara sehat.

Pasalnya, jantung pisang diteliti memiliki sumber yang baik akan nutrisi makro dan mikro.

Tak hanya itu, asam linoleat dalam jantung pisang juga dapat meningkatkan kerja imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan.

Agar manfaat sayur jantung pisang untuk menurunkan berat badan lebih maksimal, kamu bisa menggunakan jantung pisang sebagai campuran bahan salad atau sup.

13. Mencegah Kanker

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang terakhir, kandungan antioksidan dalam jantung pisan memiliki efek antiperadangan dan antitumor sehingga bisa menurunkan risiko tumor tumbuh dan menyebar.

Hal ini pernah dibuktikan pada penelitian tentang tumor prostat jinak (BPH). Antioksidan dalam jantung pisang sangat berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas, seperti risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

(Baca Juga: Manfaat Buah Carica)

Nah, itu dia berbagai manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

Jadi, jika setelah ini kamu menemukan jantung pisang. Jangan ragu untuk menjadikannya variasi makanan lezat.

Pengolahan yang tepat akan memaksimalkan manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

Namun, konsumsi makanan sehat tidaklah cukup untuk menjamin kesehatan di masa depan.

Kamu membutuhkan proteksi kesehatan untuk menjadi jaminan perlindungan atas berbagai risiko sakit hingga kecelakaan di masa mendatang.

Berbagai manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu nikmati, khususnya melindungi kondisi keuanganmu.

Melalui CekAja.com kamu bisa membandingkan berbagai produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia

Proses pengajuannya juga secara online, jadi mudah, cepat dan tentunya aman. Sebab, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jadi, sudah tentukan pilihan asuransi kesehatan terbaik mu? segera ajukan melalui CekAja.com yuk!