5 Manfaat Konsumsi Minuman Kolagen yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cek!

Meski kehadirannya tengah ramai di kalangan wanita, namun sebenarnya apa sih manfaat konsumsi minuman kolagen? Banyak wanita berpendapat, kalau minuman kolagen mampu membuat kulit tampak awet muda.

Advertisement

Lantas, apakah manfaat konsumsi minuman kolagen tersebut sudah terbukti? Atau minuman ini ramai dikonsumsi, karena banyak selebritis yang mempromosikannya?

Jika ingin tahu kebenaran terkait manfaat konsumsi minuman kolagen untuk kesehatan, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Kolagen?

Sebelum jauh membahas tentang manfaat konsumsi minuman kolagen, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar seputar kolagen.

Jadi, kolagen merupakan protein alami dalam tubuh, yang terletak di dalam kulit, otot, tulang, tendon dan ligamen.

Maka dari itu, kolagen memiliki peran layaknya sebuah lem, yang mampu menyatukan seluruh bagian tubuh.

Jumlah kolagen dalam tubuh pun sejatinya sangat melimpah, namun sayang semakin bertambahnya usia, jumlah kolagen semakin berkurang.

Untuk itu, menjaga jumlah kolagen dalam tubuh sangat penting, salah satunya dengan mengonsumsi minuman kolagen.

Tetapi selain dari konsumsi minuman kolagen, kamu juga bisa menambah jumlah kolagen dari makanan yang mengandung asam amino tinggi, makanan yang menjadi sumber vitamin A dan C, serta makanan yang mengandung antosianin dan prolin, seperti keju dan kacang kedelai.

(Baca Juga: 6 Buah Kaya Kolagen)

Di awal pembahasan sempat disinggung, kalau minuman kolagen diklaim mampu membuat kulit lebih awet muda.

Hal itu karena, sekitar 75 persen kulit manusia terbentuk dari kolagen. Dan kolagen itulah yang sangat berperan dalam membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

Di samping itu kamu juga perlu tahu, kalau jumlah kolagen dalam tubuh tidak hanya berkurang seiring bertambahnya usia, melainkan juga karena konsumsi gula berlebihan, sering merokok dan terkena paparan matahari langsung.

Peruntukan Minuman Kolagen

Kamu tertarik mencoba minuman kolagen, namun tidak tahu diperbolehkan atau tidak? Eits, jangan khawatir! Karena kali ini, CekAja.com akan menginformasikan siapa saja yang boleh mengonsumsi minuman kolagen.

Umumnya, kolagen dikonsumsi oleh mereka wanita yang usianya baru memasuki dewasa awal, yaitu sekitar 20 – 30 tahun.

Tetapi, menurut ahli gizi dari UCLA Center for Human Nutrition AS, Zhaoping Li, M.D. dalam health.kompas.com mengatakan, kalau yang sebaiknya mengonsumsi minuman kolagen adalah kalangan lansia.

Pasalnya, kalangan lansia sangat mungkin kekurangan kolagen, akibat usianya yang sudah semakin tua. Kolagen sendiri, diketahui berkhasiat dalam mempertahankan otot dan jaringan di bawah kulit.

Selain itu, dr. Engelman juga sangat menyarankan para pasiennya yang berusia lanjut, dan memiliki kondisi kulit rentan serta memar, agar mengonsumsi suplemen kolagen untuk memperbaiki, mengembalikan dan menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Konsumsi Minuman Kolagen

Setelah mengetahui sejumlah informasi seputar kolagen dan peruntukannya, maka ini saatnya untuk kamu mengetahui sejumlah manfaat konsumsi minuman kolagen.

Yang mana, manfaat konsumsi minuman kolagen ini banyak ingin diketahui masyarakat, karena disebut mampu membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Nah, daripada penasaran apakah manfaat konsumsi minuman kolagen tersebut benar adanya, yuk langsung saja simak beberapa ulasan dan daftar manfaatnya berikut ini!

1. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat konsumsi minuman kolagen yang pertama, yaitu mengurangi nyeri sendi. Manfaat ini bisa kamu rasakan, apabila minuman kolagen dikonsumsi secara rutin sesuai takarannya.

Biasanya yang mengonsumsi minuman kolagen untuk mendapatkan manfaat ini adalah para lansia, yang memiliki risiko tinggi untuk terkena osteoarthritis.

Maka dari itu, untuk mengatasi dan mencegah terjadinya penyakit tersebut, para lansia perlu menambah asupan kolagen, salah satunya melalui konsumsi minuman kolagen.

2. Mengurangi selulit

Selain mampu mengurangi nyeri sendi, minuman kolagen juga diketahui mampu mengurangi selulit.

Buat kamu yang belum tahu, selulit adalah sebuah kondisi kulit bergelombang, dengan lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk, yang tak jarang muncul di bagian perut, pinggul, bokong dan paha.

Kondisi ini, seringkali menimpa para wanita dibandingkan laki-laki. Namun, itu bukan masalah besar, karena ternyata selulit bisa diatasi dengan konsumsi minuman kolagen.

3. Menambah massa otot

Di urutan ketiga ada menambah massa otot. Manfaat konsumsi minuman kolagen satu ini telah terbukti dalam sebuah penelitian, yang menunjukkan bahwa minuman kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot pasien sarcopenia.

Jika kamu belum tahu, sarcopenia merupakan kondisi hilangnya massa otot akibat proses penuaan, yang umumnya terjadi pada lansia.

Dengan mengonsumsi minuman kolagen secara rutin, massa otot akan lebih terjaga dan semakin meningkat.

4. Mengurangi risiko serangan jantung

Manfaat konsumsi minuman kolagen yang keempat, yaitu mengurangi risiko serangan jantung.

Manfaat satu ini bisa terjadi, karena kolagen memiliki peran yang sangat besar pada kesehatan pembuluh darahmu.

Tanpa memiliki kolagen yang cukup, maka pembuluh darah akan menjadi lemah, kaku, bahkan rapuh.

Jika sudah begitu, maka risiko terjadinya aterosklerosis semakin meningkat. Yang mana, aterosklerosis merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

5. Mencegah penuaan dini

Bisa dibilang, manfaat konsumsi minuman kolagen yang satu ini merupakan manfaat yang paling banyak diketahui orang.

Bagaimana tidak, pasalnya manfaat ini banyak disebut oleh para selebritis, ketika mempromosikan berbagai produk minuman kolagen.

Namun, manfaat minuman kolagen ini benar adanya. Sebab, sudah banyak penelitian yang membuktikan, kalau kolagen memiliki khasiat dalam mengurangi kulit kering dan keriput, mempercepat proses penyembuhan luka, membantu mengencangkan kulit, serta mencegah penuaan dini.

Cara Alami Meningkatkan Kolagen dalam Tubuh

Manfaat konsumsi minuman kolagen memang sudah terbukti kebenarannya. Tetapi jika ingin menambah kolagen dalam tubuh, tanpa harus mengonsumsi minuman kolagen, apakah bisa? Jawabannya tentu bisa.

Sebab, menambah jumlah kolagen dalam tubuh dapat melalui asupan makanan sehat, dan mengandung nutrisi tertentu, seperti:

  • Makanan yang mengandung asam amino tinggi, yaitu daging, ikan, telur dan susu
  • Makanan yang mengandung antosianin dan prolin, yaitu keju dan kacang kedelai
  • Makanan yang menjadi sumber vitamin A dan vitamin C.

Semua hal tersebut merupakan cara alami, yang mampu meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh.

Namun jika ingin menambah kolagen dengan cara lain, kamu bisa coba melakukan suntik kolagen yang mengandung kolagen sintetis.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan krim perawatan kulit dan lain sebagainya yang sudah terjamin keamanannya.

(Baca Juga: Buah yang Membantu Melawan Selulit)

Itulah sejumlah informasi seputar kolagen, yang sudah kamu ketahui secara lengkap ulasannya di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya informasi dasar mengenai kolagen, namun juga peruntukan minuman kolagen, manfaat konsumsi minuman kolagen, serta cara alami meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh.

Untuk manfaatnya sendiri, kamu bisa mendapatkan semua manfaatnya, jika minuman kolagen dikonsumsi secara rutin sesuai takarannya.

Tetapi, sebelum mulai mengonsumsi minuman kolagen, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait, untuk mencegah terjadinya efek samping.

Mungkin hal itu akan memakan biaya yang cukup besar, namun tidak menjadi kendala apabila kamu memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka asuransi kesehatan akan menanggung semua biayanya.

Untuk itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Advertisement