Cara Mempercepat Financial Freedom Sebelum Pensiun, Milenial Harus Persiapkan dari Sekarang!

Mencapai kebebasan finansial menjadi harapan hampir semua orang, lantas bagaimana cara mempercepat financial freedom sebelum pensiun? Untuk mengetahui caranya, yuk simak bahasan berikut ini!

Tidak hanya di kalangan generasi yang sudah tua, financial freedom saat ini menjadi bahasan yang kerap dibahas oleh generasi milenial.

Melakukan pensiun dini, dan menikmati hasil kerja keras yang selama ini telah dilakukan, tentu menjadi impian para gen milenial.

Terlebih jika sudah di tahap financial freedom sebelum memasuki waktu pensiun yang ditargetkan, tentu menyenangkan rasanya.

Jangan hanya berangan-angan, meski perlu tenaga ekstra, kamu bisa loh mempercepat financial freedom sebelum pensiun. Beberapa caranya bisa kamu simak berikut ini!

Beberapa Cara Mempercepat Financial Freedom Sebelum Pensiun

1. Tentukan Target Pensiun

Langkah pertama dalam mempercepat financial freedom sebelum pensiun adalah menentukan terlebih dahulu, kapan kamu akan pensiun.

Umur pensiun seseorang tidak terbatas. Kamu bisa menentukan kapan saat pensiun, saat berumur 50, 40, 30 tahu, atau saat masih berumur produktif lainnya.

Dengan menentukan target ini, kamu akan lebih termotivasi dan tentunya bisa lebih cermat dalam mengatur keuangan, agar target tersebut lebih cepat tercapai.

2. Memahami Kondisi Finansial

Selanjutnya, kamu perlu memahami bagaimana kondisi finansial mu saat ini. Mulailah menghitung berapa penghasilan bersih yang dimiliki setiap bulannya, dan berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan.

Buatlah rincian pendapatan dan pengeluaran yang terjadi setiap bulannya. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui apakah kondisi keuangan milikmu sudah mencukupi atau belum.

Sebab, financial freedom sendiri merupakan kondisi dimana seseorang dapat memenuhi segala kebutuhannya, tanpa perlu memikirkan kondisi keuangan.

Dengan mengetahui kondisi finansial mu saat ini, kamu juga bisa mulai mengatur keuangan agar lebih baik dan mencapai financial freedom.

(Baca Juga: Memahami Pentingnya Financial Freedom bagi Gen Millenial)

3. Mengatur Keuangan Milikmu

Setelah memahami kondisi keuangan, kamu jadi tahu apakah pendapatanmu saat ini sudah mencukupi kebutuhan, atau sudah bisa membuat tabungan untuk masa depan atau belum.

Jika hal tersebut belum tercapai, maka ada sesuatu yang perlu kamu ubah dalam pengaturan keuangan milikmu.

Dari rincian pendapatan dan pengeluaran yang telah kamu lakukan, kamu bisa tahu apa saja penyebab pengeluaran terbesar.

Jika pengeluaran terbesarmu merupakan hal yang bersifat konsumtif dan tidak bermanfaat untuk mencapai kebebasan finansial, maka kamu bisa memangkas keuangan tersebut, dan mengalokasikan dana untuk hal lainnya.

Kamu juga bisa mengubah gaya hidup yang lebih baik untuk dijalani kedepannya. Alihkan kegiatan untuk hal yang lebih produktif dan menghasilkan uang, dibandingkan kegiatan yang menghamburkan uang.

Jika saat ini kamu masih memiliki hutang, prioritaskan keuanganmu untuk melunasi hutang tersebut. Sebab, hutang menjadi salah satu hal yang menghambat financial freedom kemudian.

Agar lebih mudah dalam mengatur keuangan, kamu bisa buat pos-pos keuangan. Misal, pos untuk keuangan pembelian kebutuhan sehari-hari, pos biaya bulanan seperti listrik dan lainnya, pos investasi, pos cicilan utang, dan lainnya.

4. Miliki Sumber Pendapatan Lebih

Untuk mempercepat financial freedom, kamu tidak bisa hanya bergantung pada gaji atau penghasilan bulanan.

Apalagi, jika saat ini penghasilan yang kamu miliki masih terbatas, dan terkadang hanya mampu memenuhi kebutuhan saat ini.

Agar lebih cepat, kamu bisa membuka sumber pendapatan lainnya. Misal dengan membuka bisnis kecil-kecilan, atau mengambil pekerjaan freelance.

Di usia yang masih muda, tidak ada salahnya memiliki sumber penghasilan tidak hanya dari satu sumber saja.

5. Memulai Investasi

Selain mengambil pekerjaan tambahan, memulai investasi sejak dini bisa menjadi cara mempercepat financial freedom sebelum pensiun selanjutnya yang bisa diterapkan.

Dengan dilakukan sejak muda, kamu bisa menikmati hasil investasi di hari tua nanti. Apalagi, pendapatan aktif setiap waktunya ini, perlu dimiliki untuk mencapai financial freedom.

Investasi ada banyak bentuknya, mulai dari reksadana, saham, obligasi, properti, hingga tabungan deposito.

Kamu bisa memilih jenis investasi tersebut. Pastikan kamu telah mempelajarinya terlebih dahulu, sebab tiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan kesulitan yang berbeda.

(Baca Juga: Keunggulan Produk HSBC Advance, Atur Keuangan Jauh Lebih Mudah!)

Mempercepat Financial Freedom dengan HSBC Advance

Setelah mengetahui berbagai cara mempercepat financial freedom sebelum pensiun, kamu pasti lebih terarah dan bersemangat untuk memulainya.

Membayangkan akan pensiun dan tidak memikirkan keuangan untuk memenuhi gaya hidup, tentu menjadi impian banyak orang.

Sebelum mencapai hal itu, tentu kamu perlu melewati masa-masa menabung dan mempersiapkan keuangan.

Mungkin akan sedikit berat, apalagi gen milenial yang suka mengutamakan kebahagiaan dengan membeli sesuatu sebagai upaya self reward.

Padahal, dibandingkan menghamburkan uang, kamu bisa mengalokasikannya untuk ditabung atau diinvestasikan demi masa depan.

Sebagai gen milenial yang tidak mau repot, kamu bisa membuka tabungan ini sekaligus investasi di HSBC Advance.

HSBC Advance sendiri merupakan rekening tabungan yang bisa kamu gunakan untuk menabung, sekaligus untuk investasi.

Investasi ini bisa dilakukan dengan biaya mulai dari Rp500 ribu, dengan jenis pilihan investasi yang cukup banyak.

Mulai dari dari reksa dana, obligasi, structur product atau Dual Currency, dan juga Investment Link, bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Dari berbagai kemudahan yang diberikan HSBC, proses pengajuan untuk mendapatkan nya pun cukup mudah.

Salah satu caranya adalah melalui CekAja.com. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa ajukan secara online dan bisa dilakuakn kapans aja dan dimana saja.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan kepemilikan HSBC Advance sekarang juga!