6 Resolusi Keuangan di Tahun 2022, Agar Keuangan Lebih Terjamin

Awal tahun, biasanya identik dengan membuat resolusi keuangan di tahun 2022. Hal ini dilakukan, agar membuat diri sendiri memiliki keuangan yang terencana.

6 Resolusi Keuangan di Tahun 2022, Agar Keuangan Lebih Terjamin

Identik dengan resolusi, tahun baru jadi kurang menyenangkan jika belum menyusun resolusi keuangan di tahun 2022.

Tanpa adanya resolusi atau persiapan keuangan, mungkin kamu bisa kewalahan dalam mengatur keuangan nantinya. Terlebih saat ini pandemi Covid-19 masih belum usai, dan kondisi keuangan bisa saja menjadi tidak stabil.

Oleh sebab itu, adanya resolusi ini akan membantu kamu dalam mengelola keuangan dalam satu tahun ini. Resolusi keuangan ada banyak, salah satunya dengan memiliki tabungan.

Membuat resolusi, terlebih terkait keuangan, mungkin akan membuat sebagian orang bingung. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa menyimak resolusi keuangan di tahun 2022 berikut ini, yang bisa kamu ikuti

6 Resolusi Keuangan di Tahun 2022

1. Membuat Rencana Keuangan

Melewati 2020, mungkin kamu bisa mengingat kembali, kemana saja aliran uang yang kamu miliki di tahun sebelumnya.

Agar keuangan semakin terjaga di tahun yang baru ini, membuat rencana keuangan menjadi resolusi keuangan di tahun 2022 yang perlu kamu penuhi.

Membuat rencana keuangan mungkin sedikit sulit bagi sebagian orang, terlebih jika tidak terbiasa dalam membuatnya.

Meski begitu, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai membuat rencana keuangan. Sebagai langkah awal, kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Misal pengeluaran bulanan seperti kebutuhan rumah tangga, stok makanan, biaya air, listrik, dan sebagainya, yang kemungkinan menjadi pengeluaranmu per bulannya.

Dengan adanya pencatatan ini, kamu menjadi lebih mudah dalam mengelola keuangan. Memisahkan uang antar kebutuhan juga perlu dilakukan agar keuangan lebih teratur dan tidak tercampur.

Kamu juga bisa membuat rencana dalam satu tahun kedepan. Misal, rencana perjalanan, membeli barang yang diinginkan, hingga besaran uang yang akan ditabung.  

(Baca Juga: 5 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru Agar Tercapai dan Anti Gagal)

2. Membatasi Kartu Kredit

Kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan bagi nasabahnya. Tidak jarang, berbagai promo disajikan agar nasabah dapat lebih ringan saat berbelanja.

Menggunakan promo, diskon, atau poin reward dari kartu kredit menjadi salah satu keunggulan dari memilikinya.

Tetapi, tidak jarang yang ‘terjerumus’. Akibat kemudahan yang diberikan kartu kredit, tidak jarang sebagian orang menjadi lupa diri ketika berbelanja sesuatu.

Akibatnya, tagihan yang perlu dibayarkan menjadi membeludak, dan berdampak pada keuangan yang telah direncanakan.

Oleh sebab itu, ditahun yang baru ini, menggunakan kartu kredit dengan bijak bisa masuk ke dalam resolusi keuangan di tahun 2022.

Dengan menggunakannya secara bijak, kamu tidak akan mendapatkan masalah, atau terganggunya keuangan yang telah direncanakan.

3. Membayar Semua Tagihan dan Hutang tepat Waktu

Jika kamu memiliki tagihan setiap bulannya, pastikan untuk membayarnya tepat waktu. Sebab, umumnya akan ada denda ketika sebuah tagihan tidak dibayarkan tepat waktu.

Denda ini mungkin akan terlihat kecil, tetapi, jika dihitung secara seksama, dan jika keterlambatan itu sering terjadi, jumlah denda yang perlu dibayarkan akan menjadi besar.

Selain itu, jika kamu masih memiliki hutang. Prioritaskan untuk membayarnya dengan cepat. Dengan begitu hutangmu akan cepat lunas.

Dan rencara keuangan yang telah disusun akan berjalan sesuai rencana tanpa ada hambatan lagi.

4. Mulai Berinvestasi

Resolusi keuangan di tahun 2022 yang perlu mulai kamu lakukan adalah berinvestasi. Hal ini dikarenakan investasi dapat memberikan keuntungan keuangan di masa depan.

Investasi sendiri ada banyak jenisnya, sebagai pemula kamu bisa memilih jenis investasi dengan risiko yang kecil.

Langkah awal dalam berinvestasi, kamu tidak harus melakukannya dengan modal yang besar. Sisihkan sedikit uang yang kamu miliki untuk berinvestasi.

Hal terpenting dalam melakukan investasi adalah konsisten. Selain itu, kamu bisa mulai belajar investasi secara perlahan. Mulai dari cara memilih produk investasi dan sebagainya.

5. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat menjadi hal terpenting yang harus kamu miliki. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, kemungkinan jatuh sakit, kehilangan pekerjaan, hingga ditipu, mungkin saja bisa kamu alami.

Oleh sebab itu, dana darurat menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan. Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu khawatir terkait keuangan ketika dibutuhkan secara dadakan.

Mulailah mengalokasikan uang ke dana darurat sejak dini. Tidak perlu nominal yang besar, asal konsisten dilakukan, nominal kecil pun tidak apa-apa.

6. Mulai Memakai Asuransi

Resolusi keuangan di tahun 2022 adalah mengklaim asuransi. Baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan bahkan asuransi kendaraan.

Hal ini dikarenakan asuransi menjadi pihak yang meringankan beban keuanganmu ketika terjadi sesuatu.

Misal, kamu memiliki asuransi kesehatan, jika suatu saat jatuh sakit dan diharuskan mendapat perawatan dan pengobatan di rumah sakit, kamu tidak perlu bingung lagi terkait biaya.

Sebab, asuransi kesehatan akan menanggung biaya tersebut. Dengan begitu, keuangan kamu tidak akan terganggu.

(Baca Juga: 6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation)

Nah, itu dia beberapa resolusi keuangan di tahun 2022 yang sudah kamu simak. Agar keuangan di tahun 2022 ini stabil, kamu perlu membatasi diri terhadap pengeluaran dan mulai membuka tabungan.

Tabungan ini bisa menjadi salah satu cara agar kondisi keuangan hingga akhir tahun tetap terjaga dengan baik.

Besaran nominal uang yang akan kamu tabung, bisa disesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Tidak ada batasan nominal, asal rutin dan tekun, di akhir tahun tiba-tiba nominal tabunganmu akan menjadi besar.

Produk tabungan bisa kamu temukan dengan mudah. Sebab, banyak perusahaan perbankan yang mengeluarkan produk tabungan ini.

Agar lebih mudah dalam mendapatkan tabungan, kamu bisa mengajukan kepemilikan tabungan melalui CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya terbilang praktis, cepat, dan mudah. Sehingga, kamu bisa dengan cepat memilih tabungan ini. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera buka tabungan sekarang juga!