5 Rumah Sakit Terbaik di Kota Bogor Layanan Unggul & Fasilitas Lengkap!

Sama-sama bisa memiliki tujuan untuk melayani pasien, namun tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas yang lengkap, terlebih di kota besar seperti Bogor. Nah, rekomendasi rumah sakit terbaik di Kota Bogor berikut ini, bisa dijadikan pilihan, untuk kamu yang tinggal di wilayah Bogor atau sekitarnya. 

5 Rumah Sakit Terbaik di Kota Bogor Layanan Unggul & Fasilitas Lengkap!

Punya Fasilitas Lengkap hingga Pelayanan yang Baik 

Semewah apapun tempatnya, jika salah satu poin seperti fasilitas atau pelayanannya kurang baik, maka faskes tidak bisa dikatakan terbaik, apalagi sekelas rumah sakit. 

Akan ada banyak berbagai kalangan yang datang, sehingga pihak rumah sakit harus memberikan pelayanan yang terbaik. 

Rumah sakit terbaik di Kota Bogor setidaknya harus memiliki beberapa point penting, seperti lokasi strategis, fasilitas lengkap, pelayanan ramah, tempat bersih dan nyaman, banyak pilihan kelas, bekerjasama dengan banyak pihak, review pasien bagus, ketersediaan alat, obat, hingga tenaga medis terpenuhi, dan lainnya. 

Sering Jadi Rumah Sakit Rekomendasi

Biasanya, fasilitas kesehatan kecil seperti klinik atau puskesmas, akan merekomendasikan rumah sakit terbaik untuk pasiennya, jika membutuhkan tindakan yang lebih baik. 

Terlepas faskes tersebut memang telah bekerjasama dengan rumah sakit terbaik di Kota Bogor yang dipilih, namun biasanya mereka akan rujuk pasien ke tempat yang fasilitasnya lebih lengkap. 

Tidak hanya dari faskes, rekomendasi juga biasanya datang dari pasien yang pernah melakukan pengobatan di sana. 

Misalnya pasien tersebut adalah rekan, tetangga, atau bahkan keluarga, sehingga rekomendasi mereka tentu akan lebih terpercaya. 

Nah, jika kamu berencana untuk melakukan pengobatan, perawatan, check up kesehatan dan lainnya, kamu bisa cek informasi tentang daftar rumah sakit terbaik di Kota Bogor berikut ini. 

(Baca Juga: 4 Kartu Kredit Khusus Bayar Biaya Rumah Sakit & Kebutuhan Lainnya)

5 Rumah Sakit Terbaik di Kota Bogor 

1. Rumah Sakit EMC Sentul 

Rumah sakit terbaik di Kota Bogor yang pertama adalah RS EMC yang terletak di kawasan Eco-green Sentul, Bogor. 

Rumah sakit yang memiliki desain yang modern dan mewah ini, didirikan pada tahun 2013 lalu, dan sering dijadikan lokasi syuting iklan, sinetron atau film. 

Tidak perlu diragukan lagi soal fasilitas dan pelayanannya, karena RS EMC Sentul selalu siap melayani semua kebutuhan masyarakat, dengan banyak keunggulan. 

Mulai dari fasilitas ICU, jantung, radiologi, hemodialisis, cathlab, bedah umum, THT,  spesialisasi anak, ortopedi, gigi, dan masih banyak lagi. 

Alamat: Sentul City, Jl. MH. Thamrin No.Kav. 57, Citaringgul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810

Link maps: https://www.google.com/maps/place/RS+EMC+Sentul,+Sentul+City,+Jl.+MH.+Thamrin+No.Kav.+57,+Citaringgul,+Kec.+Babakan+Madang,+Kabupaten+Bogor,+Jawa+Barat+16810/@-6.5672536,106.8537562,13z/data=!4m2!3m1!1s0x2e69c6e629aef533:0x4e5d41f7e836266a?hl=id

2. Rumah Sakit Azra Kota Bogor

Rumah sakit terbaik di Kota Bogor selanjutnya adalah RS Azra Bogor. Meski tidak sebesar dan seluas rumah sakit terbaik lainnya, RS Azra Bogor ini tentu memiliki segudang keunggulan, yang membuat rumah sakit ini selalu menjadi pilihan masyarakat. 

Mulanya, RS Azra Bogor ini adalah sebuah klinik bersalin, namun seiring berjalannya waktu klinik tersebut berubah menjadi rumah sakit umum. 

Segala fasilitas modern yang serba digital, membuat RS Azra Bogor menjadi salah satu rumah sakit terbaik andalan masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya. 

Tidak perlu repot datang langsung untuk melihat jadwal dokter dan lainnya, calon pasien cukup cek informasi jadwal dokter hingga booking secara online, melalui aplikasi rumah sakit atau media sosial. 

Selain itu, letak rumah sakit ini juga sangat strategis, yakni di pinggir jalan raya Padjadjaran. Sehingga, masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya, baik menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. 

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No.219, RT.02/RW.11, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153

Link Maps: https://www.google.com/maps/place/Rumah+Sakit+Azra+Bogor,+Jl.+Raya+Pajajaran+No.219,+RT.02%2FRW.11,+Bantarjati,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16153/@-6.579436,106.8074579,13z/data=!4m2!3m1!1s0x2e69c42e35fd5fd3:0x5497922a2532233?hl=id

3. Rumah Sakit PMI Bogor

Rumah sakit terbaik di Kota Bogor berikutnya ini, menjadi rumah sakit yang sudah lama berdiri, yakni didirikan pada tahun 1931 bahkan saat Indonesia belum merdeka. 

Maka tak heran jika desain bangunannya masih bergaya ala Belanda, karena memang dalam pembangunan rumah sakit ini, diprakarsai oleh kelompok sosial Belanda. 

Sehingga pada tujuh tahun pertama dibangun, rumah sakit ini dikelola oleh NERKAI (Nederlands Rode Kruis Afdeling van Indonesia). Setelah itu, sekitar pada tahun 1970, RS PMI Bogor ini masuk ke dalam kelas atau standar RS tipe C. 

Kini RS PMI Bogor sudah mengalami banyak perubahan dalam pembangunannya, mulai dari renovasi hingga pembangunan baru. 

Selain itu, fasilitas di RS PMI Bogor juga lengkap, mulai dari 15 poliklinik hingga 83 dokter dari 27 spesialisasi. Ada juga fasilitas bank darah, laboratorium, radiologi, dan klinik. 

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No.80, RT.02/RW.05, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16143

Link Maps: https://www.google.com/maps/place/RS+PMI+Bogor,+Jl.+Raya+Pajajaran+No.80,+RT.02%2FRW.05,+Tegallega,+Kecamatan+Bogor+Tengah,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16143/@-6.5986673,106.8050535,13z/data=!4m2!3m1!1s0x2e69c43beaaaaae7:0x16e94455ada6f5eb?hl=id

4. Rumah Sakit Bogor Medical Center (BMC) 

Tak kalah menjadi andalan, rumah sakit BMC juga menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Kota Bogor, yang berfokus menangani berbagai masalah kesehatan. RS BMC atau biasa dikenal juga dengan Mayapada Hospital ini juga berada di lokasi yang strategis. 

RS BMC ini beralamat di Jalan Padjadjaran Indah V No. 97 Bogor. Bagaimana dengan fasilitasnya? Tentu saja lengkap dan modern, yakni mulai dari ruang inap berbagai kelas dari kelas presidentil suite sampai kelas IIIB, lalu ada poliklinik, ruang bedah, bersalin, ruang bayi, cathlab, IGD, ICU, lab, radiologi, farmasi, fisioterapi, hingga instalasi gizi. 

Untuk tenaga medis yang tersedia, RS BMC memiliki dokter spesialis sekitar 58 orang, dan 329 tenaga jenis lainnya. 

Karena RS ini sering menjadi RS rujukan, maka fasilitas atau layanan yang paling sering digunakan adalah kateterisasi jantung dan otak, panorama, endoskopi, hingga terapi EECP. 

Alamat: Jl. Pajajaran Indah V No.97, RT.01/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143

Link Maps: https://www.google.com/maps/place/Mayapada+Hospital+Bogor+(BMC),+Jl.+Pajajaran+Indah+V+No.97,+RT.01%2FRW.11,+Baranangsiang,+Kec.+Bogor+Tim.,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16143/@-6.6079378,106.8110776,13z/data=!4m2!3m1!1s0x2e69c5dde19fb6a9:0x82e336fe6e97eaea?hl=id

5. RSUD Kota Bogor (Awalnya RS Karya Bhakti)

Jika dilihat dari namanya, rumah sakit terbaik di Kota Bogor yang terakhir ini adalah rumah sakit milik pemerintah. Namun, untuk masyarakat yang baru mendengarnya, rumah sakit ini dulunya bernama RS Karya Bhakti. 

RSUD Kota Bogor ini sering menjadi rumah sakit rujukan regional, yang melayani berbagai masalah kesehatan. 

Untuk fasilitas dan pelayanannya tidak perlu diragukan, karena selain milik pemerintah, rumah sakit ini juga memiliki layanan unggulan yang mungkin tidak ditemukan di RS lainnya. 

Mulai dari layanan spesialis jantung, kanker, hemodialisis, THT, Cathlab, laparoskopi, endoskopi, CTScan, hingga ESWL. 

Alamat: Jl. DR. Sumeru No.120, RT.03/RW.20, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16112

Link Maps: https://www.google.com/maps/place/RSUD+Kota+Bogor,+Jl.+DR.+Sumeru+No.120,+RT.03%2FRW.20,+Menteng,+Kec.+Bogor+Bar.,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16112/@-6.5806101,106.7778852,13z/data=!4m2!3m1!1s0x2e69c45eaef7c8ff:0xc83932aa5149f59b?hl=id

Tidak hanya sebagai tempat pengobatan ketika kondisi sedang memburuk. Rumah sakit juga bisa dijadikan tempat untuk melakukan pemeriksaan kondisi fisik, meskipun sedang tidak sakit. 

Maka dari itu, kamu perlu datang ke rumah sakit terbaik di Kota Bogor, agar proses dan hasil medical cek up lebih mendalam. 

Selain itu, desain interior, tata letak ruangan, taman, ruang tunggu, hingga lokasi juga menjadi poin plus. 

Pasalnya, mayoritas yang datang ke rumah sakit lebih sering adalah manula, sehingga tempat harus bisa membuat nyaman. 

Namun, perlu kamu ketahui jika biaya untuk melakukan pengobatan di rumah sakit terbaik di Kota Bogor tidaklah murah. Kecuali kamu memiliki asuransi kesehatan baik swasta maupun BPJS. 

(Baca Juga: Review KTA OK Bank, Pinjaman dengan Syarat yang Mudah)

Asuransi Tidak Cukup, Miliki KTA untuk Dana Pengobatan Darurat! 

Akan tetapi, hal tersebut juga tidak menjamin bahwa kamu akan mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan keinginan. 

Terlebih jika kamar khusus pasien BPJS penuh, atau asuransi swasta sedang tidak bisa digunakan, maka jalan keluar lainnya adalah menggunakan dana darurat. 

Meski tidak semua keluarga memiliki dana darurat, namun kamu tetap bisa membayar biaya rumah sakit dengan KTA atau kredit tanpa agunan sebagai pengganti dana darurat. 

Jangan khawatir, karena KTA memang sering dijadikan sebagai dana darurat untuk pengobatan, pendidikan, pernikahan dan masih banyak lagi. 

Cicilan bunga juga tidak begitu menguras kantong, sehingga masih ringan untuk dijadikan dana pengobatan.

Untuk bisa mendapatkan KTA yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial kami, bisa melakukan pengajuan melalui CekAja.com.