Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Menyambut Lebaran, Banyak Saingan Tetap Menantang

Penting sekali tahu tips menjalankan bisnis kue kering saat Ramadhan atau menyambut lebaran. Karena peminatnya banyak, dan persaingannya pun cukup ketat.

Advertisement

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Bulan yang sering disebut bulan yang penuh berkah ini memang benar-benar membawa berkah karena pada saat inilah banyak bisnis bermunculan.

Meski terkesan musiman nyatanya bisnis saat Ramadhan bisa membantu menambah penghasilan kita. Salah satu bisnis yang bisa kita lakukan adalah menjual aneka kue kering. 

Tak ada salahnya menjalankan bisnis sembari memanfaatkan moment, setidaknya bisa untuk menambah pundi pundi rupiah. Lagi pula kue kering menjadi satu cemilan khas yang tersaji saat lebaran tiba.

Usaha ini peluangnya cukup besar karena Ramadhan dan Lebaran identik dengan kue kering tentu permintaannya akan tinggi. Jadi ini saatnya kita berbisnis kue kering.

Dalam berjualan kue kering tentu ada tips-tipsnya agar makin sukses. Tips menjalankan bisnis kue kering yang wajib kalian tahu akan segera dibahas di artikel ini.

Yuk simak apa saja tips menjalankan bisnis kue kering yang wajib kalian tahu.

(Baca Juga: Tips Bisnis Mukena Menjelang Ramadhan)

Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering

Kue kering memiliki banyak peminat menjelang Ramadhan apalagi Lebaran. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi di saat pandemi sekarang ini.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang lebih memilih untuk membeli saja kue kering daripada membuat sendiri. Makanya omzet bisnis ini bisa menjadi sangat besar loh.

Untuk kalian yang ingin berbisnis kue kering harus paham tips menjalankan bisnis kue kering. 

Tips menjalankan bisnis kue kering yang wajib kalian tahu antara lain:

1. Tentukan Jenis Kue Kering yang Akan Dijual

Ada banyak jenis kue kering yang biasanya hadir menemeni Ramadhan atau Lebaran seperti nastar, kue kacang, putri salju, kue semprit, lidah kucing, kue pastel kering dan lainnya.

Tips menjalankan bisnis kue kering yang pertama adalah tentukan dulu kue kering apa yang akan kita jual. Ini bisa disesuaikan dengan kemampuan kita membuat kue kering ini.

Kalau kita yakin rasa kue yang kita buat lebih enak dari yang banyak dijual maka kita bisa pilih kue yang paling umum yakni nastar. Tapi kalau kita lebih memilih menjadi reseller lakukan sedikit riset tentang kue kering apa yang sedang hits beserta harganya.

2. Lakukan Inovasi Kue Kering

Tips menjalankan bisnis kue kering yang kedua adalah berani melakukan inovasi untuk kue kering yang akan kita jual. Jika biasanya kue nastar hanya bulat atau keranjang, kita bisa berinovasi membuat dengan bentuk-bentuk lainnya.

Selain bentuk yang berbeda kita juga bisa mengembangkan varian rasa yang baru dan unik. Inovasi ini bisa membuat kue kering yang kita jual akan berbeda dengan kompetitor dan terlihat lebih menarik. Melakukan tips ini juga bisa menambah nilai jual kue kering kita.

3. Jual di Toko Online

Tips menjalankan bisnis kue kering selanjutnya adalah jual di toko online. Di jaman yang semakin maju berjualan tidak harus mempunyai toko fisik. Dengan toko online saja kita bisa berjualan.

Ini menjadi sebuah tren juga bagi penjual aneka kue kering karena lebih menghemat waktu dan untungnya juga lumayan. Tips menjalankan bisnis kue kering seperti ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang.

Kita tinggal foto kue kering yang dijual lalu buatlah deskripsi yang menarik. Jangan lupa untuk terus memantau apa yang terjadi di toko online kita karena pembeli kapan saja bisa datang.

Respon penjual yang cepat juga menjadi alasan orang akan membelinya atau tidak. Selain itu adakan juga promo menarik selama pembelian dengan jumlah yang ditentukan. Tips menjalankan bisnis kue kering yang satu ini bisa menarik calon pembeli lebih banyak.

4. Kemasan Menarik

Salah satu fokus pertama orang ketika melihat produk adalah bagaimana kemasannya. Nah untuk itu tips menjalankan bisnis kue kering selanjutnya adalah mengenai kemasannya. Kemas kue kering kita dengan kemasan yang bagus dan menarik.

Ada banyak toples yang bisa dipilih di pasaran untuk mengemasnya. Kalau ingin lebih eksklusif pakailah toples yang berbahan lebih bagus. Jangan lupa untuk menempelkan stiker brand dagang kita agar menguatkan branding juga.

Kemasan yang menarik bisa menjadi salah satu faktor banyak pembeli yang tertarik.

5. Perhatikan Kadaluarsa Kue Kering

Ketika menjual makanan apalagi yang sudah diproses kita harus memperhatikan tanggal kadaluarsa dari kue kering yang akan kita jual.

Kue kering memang lebih tahan lama dibanding kue basah tapi bukan berarti kita mengabaikan untuk memberi label tanggal kadaluarsa kue kering kita.

Tips menjalankan bisnis kue kering ini yang menjadikan kita harus jujur dalam berbisnis. Selain agar tidak mencelakakan orang lain, kita juga menjaga agar produk kita tidak diragukan masyarakat. 

Nah itu dia beberapa tips menjalankan bisnis kue kering yang wajib kalian tahu kalau ingin mulai berbisnis kue kering selama Ramadhan. Biasanya orang akan ragu dengan modalnya. Apakah butuh modal yang besar untuk menjalankan bisnis ini atau tidak.

Padahal kita bisa berpikir sebaliknya bagaimana cara kita berbisnis dengan modal kecil yang kita punya. Kalau kita benar-benar mau berusaha pasti akan ada jalan.

Misalnya saja kita menjadi reseller saja untuk bisnis kue kering ini. Yang terpenting adalah niat yang kuat dan kerja keras untuk sukses.

Dan pastikan saat kita memulai usaha, kita memiliki modal yang cukup. Karena modal adalah salah satu faktor terpenting sebuah usaha atau bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Namun, jika modal secara finansial masih kurang, tapi keahlian dalam pembuatan kue kering sudah teruji dan sudah ada pelanggan. Maka cobalah untuk mengambil pinjaman dana tunai.

Ambil pinjaman sesuai kebutuhanmu dan sesuaikan juga dengan kemampuan bayarmu. Karena dengan begitu bisnismu akan berjalan sesuai yang diharapkan.

(Baca Juga: Pinjaman Bunga Ringan Tanpa Jaminan Untuk Menambah Modal Usaha)

Adapun pengajuan pinjaman dana tunai dapat dilakukan melalui CekAja.com, pengajuan pinjaman ini dapat diproses dengan cepat jika kamu sudah memenuhi syarat.

Jadi sebelum mengisi formulir pengajuan pinjaman dana tunai, ada baiknya melihat dulu bagaimana cara dan syaratnya. CekAja.com akan menjamin keamanan data datamu, jadi tak perlu khawatir.

Sedangkan untuk keamanan lainnya juga terjamin, karena CekAja.com terdaftar dan diawasi oleh BI dan OJK. Jadi tak perlu khawatir.

Yuk, ajukan pinjaman dana tunai di CekAja.com dan mulailah bisnis kue keringmu sekarang juga.

Advertisement