4 Brand Sustainable Product Asal Indonesia yang Keren ini Bisa Selamatkan Bumi!

Memilih produk saat ini tidak bisa sembarangan, harus memikirkan juga efek jangka panjangnya, oleh karena itu pilihlah brand sustainable product asal Indonesia. Tak kalah keren kok, dan pastinya bisa bantu selamatkan bumi.

Advertisement

Dampak Covid-19 yang besar terhadap hampir semua aspek kehidupan manusia, tentu semakin membuat kita sadar bahwa hal yang penting sekarang adalah hidup dengan sehat dan kembali ke alam.

Ini seiring dengan konsep sustainability yang memiliki 3 hal utama yang menjadi fokus yaitu orang, planet dan prosperity. Menjaga alam tak kalah pentingnya dengan kesehatan karena kesehatan lekat dengan alam.

Karena itu menggunakan produk alami menjadi suatu pilihan saat ini. Sustainable product sendiri adalah produk yang ramah terhadap lingkungan baik dalam pembuatan maupun konsep bisnisnya yang tak mengabaikan isu sosial atau memberdayakan lingkungan sekitarnya.

Tak kalah dengan negara-negara lain, brand sustainable product asal Indonesia juga mulai bermunculan. Bukan hanya sekedar marketing belaka, brand sustainable product asal Indonesia ini benar-benar mengusung konsep ramah lingkungan.

Apa saja itu? Simak terus artikel ini ya!

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Baju Menjelang Lebaran)

Brand Sustainable Product Asal Indonesia

Brand sustainable product asal Indonesia ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia juga ikut serta dalam menjaga alam dan lingkungannya. Selain itu isu pemanasan global yang seakan tertelan masih menjadi fokus perhatian brand-brand lokal ini.

Jadi yuk simak apa saja brand sustainable product asal Indonesia yang mesti kamu tahu.

1. Robries

Ini adalah salah satu brand sustainable product asal Indonesia yang bergerak dalam bidang furniture serta home décor. Sekarang ini makin banyak orang yang menyukai rumahnya dihiasi dengan home décor yang unik.

Produk Robries sendiri berasal dari recycle botol plastik dengan kombinasi polyester resin. Desainnya juga minimalis sehingga banyak orang yang menyukainya agar ruangannya terlihat estetik.

Didirikan tahun 2018 oleh seorang yang bernama Tita Sabrina Maulinda, awalnya karena kekhawatiran Tita akan sampah botol plastik yang semakin lama semakin banyak dan itu tidak bisa terurai dalam waktu yang lama.

Tentu ini menjadi masalah bagi lingkungan. Sampai akhirnya Tita melakukan daur ulang botol plastik ini menjadi sebuah produk yang nilainya lebih tinggi. Koleksi barang-barang brand sustainable product asal Indonesia bisa dilihat di akun @robriesgallery.

2. Arane

Brand sustainable product asal Indonesia yang kedua adalah Arane. Produk ini mengusung konsep pakaian ecoprint.

Ecoprint sendiri adalah proses pewarnaan kain yang menggunakan bahan-bahan dari alam seperti daun, pelepah atau lainnya. Arane didirikan oleh Antoni dan Elsen yang khawatir dengan banyaknya produk fast fashion yang ternyata tidak ramah terhadap lingkungan.

Produk kain Arane ini harganya berada di kisaran Rp 300.000 – Rp 900.000 yang penjualannya dilakukan secara online dan offline. Tidak hanya itu, Arane juga memberdayakan lingkungan sekitarnya dengan mengajak ibu-ibu serta teman-teman yang difabel untuk berperan dalam pembuatan kain ecoprint ini.

Arane sudah diakui sampai luar negeri loh saat ini. Kemampuan Arane menghasilkan produk yang ramah lingkungan membuatnya bisa memasarkan produk mereka di Singapura.

Kita bisa membelinya di Bli-bli.com atau akun instagram @arane_id atau kalau mau mengunjungi bisa langsung ke kota Yogyakarta.

3. Plepah

Brand sustainable product asal Indonesia berikutnya adalah Plepah. Ini adalah produk food container yang terbuat dari pelepah pohon pinang. Cukup unik karena tidak banyak yang menggunakan pelepah pinang untuk food container apalagi di masa modern.

Plepah didirikan oleh Rengkuh Banyu Mahandaru yang melihat banyaknya produk tak ramah lingkungan untuk food container. Hampir sebagian besar memakai Styrofoam yang buruk untuk lingkungan.

Plepah saat ini bekerja sama dengan 90 petani koperasi Desa Mendis, Banyu Lencir Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Produk Plepah ini sudah dipasarkan sampai ke kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Plepah juga melakukan kolaborasi dengan UKM setempat untuk memasarkan produknya sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Kita bisa menemukan produk Plepah di @plepah_id dan www.plepah.com.

4. Studio Dapur

Selanjutnya ada Studio Dapur yang menjadi salah satu brand sustainable product asal Indonesia. Studio Dapur ini menghasilkan produk alat-alat dapur yang terbuat dari bambu tapi dengan model yang kekinian dan modern.

Studi Dapur didirikan oleh Mega Puspita dan dalam pelaksanaannya Studio Dapur berkolaborasi dengan pengrajin bambu terbaik yang ada. Awalnya Mega mendirikan Studio Dapur adalah karena dia merasa khawatir dengan para pengrajin bambu yang sudah tua di Tasikmalaya.

Sepertinya generasi mudanya tidak tertarik untuk terjun menggeluti bidang pengrajin bambu. Maka dari itu Mega membuat inovasi untuk mendesain produk yang nilainya tinggi dan menggandeng para pengrajin bambu tersebut dimana mereka mendapatkan insentif yang layak.

Cara seperti inilah agar generasi muda tertarik pada kerajinan bambu. Studio Dapur juga sudah pernah melakukan pameran sampai New York dan Jerman loh. Produk Studio Dapur bisa dilihat di @studio.dapur atau www.studiodapur.com.

Nah itu dia beberapa brand sustainable product asal Indonesia yang harus kamu tahu. Untuk ikut gerakan mengurangi pemanasan global terus dukung brand-brand ini ya!

Selain itu kita juga ikut serta untuk menyelamatkan bumi kita loh. Jadi tetap dukung Indonesia dengan menggunakan produk sustainable dari brand lokal ya.

(Baca Juga: Pilihan Fashion dengan Label Brand Lokal Terbaik)

Bumi dengan pemanasan global memang sudah menjadi isu yang banyak dikampanyekan. Oleh karena itu, sebagai aalah satu manusia yang masih membutuhkan bumi untuk kehidupannya, alangkah baiknya jika kita selalu ikut serta menjaga bumi.

Karena tak dipungkiri, semakin hari bumi semakin panas, penyakit baru bermunculan mengancam kesehatan kita. Untuk menghindarinya, kita harus hidup lebih dekat pada alam.

Memiliki asuransi dimasa sekarang ini sangatlah penting, karena asuransi kesehatan dapat menjadi media kita untuk mempermudah mengakses kesehatan. Terlebih dengan biaya pengobatan yang tak sedikit, tentu asuransi akan sangat berguna.

Namun jika belum memiliki asuransi, karena merasa pembuatannya yang ribet dan premi nya mahal. Coba deh lakukan pengajuan pembuatan asuransi melalui CekAja.com.

Di CekAja.com kita akan memperoleh perbandingan mengenai asuransi kesehatan yang kita inginkan. Jadi kita bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, akses rumah sakit yang mudah, dan juga premi yang terjangkau.

Untuk prosesnya pun sangat mudah, tinggal isi formulir dan lakukan registrasi secara online, tanpa membuatmu repot keluar rumah. Terlebih dimasa pandemi seperti ini.

Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan dirimu untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik melalui CekAja.com.

Advertisement